Tips agar Deposito yang Diambil Menguntungkan

Tips agar Deposito yang Diambil Menguntungkan
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Begitu banyaknya instrumen investasi membuat kita harus lebih selektif dalam memilih berinvestasi. Salah satu investasi yang menjadi pilihan masyarakat banyak adalah Deposito. Deposito sendiri adalah investasi yang bisa dikatakan minim terhadap risiko. Selain dana yang disimpan pada bank penerbit deposito dijamin oleh pemerintah melalui lembaganya yang diberi nama LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Produk Deposito juga mempunyai keuntungan berupa suku bunga yang tinggi dibandingkan suku bunga yang ada pada produk seperti tabungan. Maka tak heran banyak orang berinvestasi Deposito sebagai pilihan untuk berinvestasi. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa diperhatikan agar berinvestasi Deposito mendapatkan banyak keuntungan.

1. Tentukan Jangka Waktu

Produk Deposito yang banyak ditawarkan oleh Bank adalah Deposito berjangka. Jangka waktu yang ditawarkan oleh Bank penerbit juga beragam mulai dari mingguan bulanan sampai dengan tahunan. Prinsip dasarnya adalah semakin lama jangka waktu yang dipilih maka semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan berupa bunga. Oleh Karena itu cobalah untuk menentukan waktu yang pas agar dana investasi Anda mempunyai hasil yang maksimal.

Sangat disarankan untuk memiliki dana investasi Deposito dengan tujuan jangka panjang. Sehingga dana Anda akan dapat dimanfaatkan dalam kurun waktu yang lebih lama. Akan tetapi pihak bank juga sudah mengantisipasi hal ini dengan layanan cut off yang memungkinkan Anda melakukan pencairan dana di luar jangka waktu yang ditentukan. Tentunya ada beberapa hal yang harus dikorbankan dan dikurangi apabila Anda mengambil risiko ini. Akan tetapi hal ini hanya akan mengurangi keuntungan dari dana investasi saja tanpa mengurangi keamanan dan tidak menimbulkan risiko pada dana investasi Anda.

2. Membandingkan Suku Bunga

Banyak Bank menawarkan produk investasi Deposito. Masing-masing bank juga memberikan banyak kemudahan dan juga bunga yang kompetitif. Cobalah untuk mencari dan mebandingkan antar Bank pada setiap Deposito yang ditawarkan. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat sebagai investor kita harus mempertimbangkan keuntungan-keuntungan apa yang akan didapatkan dari Bank penerbit Deposito.

Cobalah mempelajari produk Deposito dari masing-masing Bank melalui website resmi setiap Bank. dalam website resmi pasti akan Anda temukan keterangan seputar produk investasi. Apabila Anda berminat pada beberapa Bank. kunjungi kantor terdekatnya untuk menanyakan lebih jauh apa yang menjadi hal yang menarik dan menguntungkan bagi Anda.

3. Membagi Dana Deposito

Trik digunakan agar kita dapat memaksimalkan dana investasi yang dimasukkan ke dalam deposito. Caranya yaitu dengan membagi dana menjadi beberapa bagian untuk dimasukkan ke dalam produk Deposito berjangka dengan jangka waktu berbeda-beda.

Dengan ilustrasi sebagai berikut. Apabila kita mempunyai dana 150 juta maka kita akan membagi dua dana tersebut. 50 juta akan diinvestasikan ke produk Deposito dengan jangka waktu 1 tahun sedangkan untuk dana 100 juta akan diinvestasikan untuk Deposito dengan jangka waktu 2 tahun.

Secara keuntungan pasti kita akan mendapatkan bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu 2 tahun. sedangkan untuk jangka waktu satu tahun kita kan mendapat keuntungan pencairan dana dalam kurun waktu yang singkat. Ulangi siklus ini. Untuk tahun pertama tarik dana deposito dan masukkan hasil dari Deposito pertama ke dalam dana Anda pada tahun pertama ke dalam Deposito berjangka 2 tahun. Karena pada tahun berikutnya Anda akan mengambil dana untuk dana Anda pada Deposito berjangka 2 tahun. Lakukan hal ini secara terus menerus sehingga dana Investasi Anda akan semakin bertambah.



Sumber : okezone

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index