Atasi Sampah, DPRD Minta Pemko Pekanbaru Berikan TPS Disetiap Kecamatan

Atasi Sampah, DPRD Minta Pemko Pekanbaru Berikan TPS Disetiap Kecamatan

Riauaktual.com - Masih maraknya kehadiran sampah yang berserakan saat ini dibeberapa ruas jalan dan tempat padat penduduk di wilayah kota Pekanbaru sungguh sangat disayangkan.

Terkait hal tersebut Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Ruslan Tarigan meminta dinas terkait Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dapat proaktif dan berkordinasi dengan pihak kelurahan maupun kecamatan untuk dapat mempersihkan sampah-sampah yang berserakan itu.

"Ya, untuk mengatasi hal ini DLHK harus proaktif dan ikut melibatkan lurah dan camat untuk dapat mengantisipasi dan membersihkan sampah-sampah yang banyak berserakan di ruas-ruas jalan pemukiman warga di daerahnya masing-masing, agar nantinya tidak adalagi sampah yang berserakan yang mengganggu kesehatan pengguna jalan," Ujar Ruslan Tarigan saat diminta keterangannya, Sabtu (8/7).

Disamping itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sondia Warman mengatakan permasalahan banyaknya tumpukan sampah yang terjadi hampir temukan disemua ruas jalan Kota Pekanbaru saat ini, karena kurang tersedianya tempat pembuangan sampah (TPS) sementara disetiap kecamatan yang ada.

"Tumpukan sampah yang berserakan diruas-ruas jalan harus menjadi perhatian serius Pemko Pekanbaru untuk menyediakan TPS sementara di setiap kecamatan yang ada, agar masyarakat dapat membuang sampah rumah tangga pada tempatnya, sehingga dengan cara ini tidak akan adalagi titik-titik sampah yang ditemukan diruas-ruas jalan," katanya.

Selain itu, Politisi PAN ini juga meminta kepada setiap camat dapat menyediakan lahan kosong untuk nantinya dijadikan TPS sementara disetiap kecamatan, sehingga keberadaan sampah yang selalu berserakan diruas jalan dapat diminimalisir.

"Jika sampah yang berserakan tidak diangkut beberapa hari akan mengakibatkan timbulnya permasalahan baru, kami minta kepada pihak kecamatan bertanggungjawab dalam menyiapkan tempat-tempat sampah dan pengangkutannya, karena masyarakat juga memberi kontribusi dengan melakukan pembayaran, tentunya masyarakat harus dapat mendapat fasilitas seperti itu," Harapnya lagi.

Sementara itu Kadis DLHK Zulfikri mengatakan memang pihaknya mewacanakan penambahan TPS. Akan tetapi saat ini karena keuangan terbatas hal tersebut belum bisa direalisasikan. Maka dari itu pihaknya mengupayakan pengangkutan sampah tepat waktu. Selain itu Pemko sendiri akan menyerahkan pengelolaan sampah kepada pihak ketiga 2018 Mendatang.

"Memang kami akui kekurangan TPS namun untuk menanggulangi permasalahan sampah kami baru bisa mengupayakan agar pengangkutan sampah berjalan tepat waktu. Kami juga meminta warga agar patuh dalam jam pembuagan sampah," Ungkapnya. (Rr)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index