Ibu kota baru Indonesia dipastikan di luar Pulau Jawa

Ibu kota baru Indonesia dipastikan di luar Pulau Jawa
Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Ibu Kota Indonesia.(THINGKSTOCKS/afriadihikmal)

Riauaktual.com - Pemerintah memastikan Ibu Kota baru nantinya akan berada di luar Pulau Jawa. Hal ini dilakukan agar wilayah di luar Pulau Jawa semakin berkembang.

"Yang pasti di luar (Pulau) Jawa sesuai misi pemerintah kita tidak Jawasentris tetapi Indonesiasentris. Sekaligus untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak hanya Jawa," ujar Deputi Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah Arifin Rudiyanto di Jakarta, sebagaimana dikutip dari merdeka.com, Kamis (6/7).

Nantinya, kata Rudi, pembangunan kota baru akan melibatkan pihak swasta. Namun, lanjutnya, keputusan tersebut masih meunggu hasil kajian yang selesai pada Desember 2017.

"Skema itu macam-macam, seperti membangun infrastruktur, nanti ada tugas yang sangat komersial kasih swasta yang membiayai atau yang pakai PPP, ada yang penugasan BUMN, ada yang pakai APBN murni. Jadi itu kita tunggu kajiannya. Kalau set managementnya sudah jadi, kita bisa tahu mana wilayah komersial yang bisa kasih ke swasta," jelasnya.

Dia menambahkan aset negara di Ibu Kota lama tetap akan menjadi milik pemerintah. "Itu tergantung pemerintah. Aset negara ya aset negara. Pemanfaatannya tergantung bagaimana perkembangannya," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index