Wakil Menteri ESDM Kunjungi PT Chevron, Pemprov Siapkan BUMD Kelola Blok Rokan

Wakil Menteri ESDM Kunjungi PT Chevron, Pemprov Siapkan BUMD Kelola Blok Rokan
Gubri saat berbincang dengan Wamen

Riauaktual.com - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Energi (Waman ESDM) Arcandra Tahar kembali datang ke Provinsi Riau. Salah satu agendanya pagi ini, mengunjungi PT Chevron.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang turut menyambut dan mengantar dari VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II menuju perusahaan perminyakan milik Amerika Sarikat tersebut menggunakan helikopter mengaku kurang tahu persis agendanya.

Namun menurut Gubernur Riau yang lebih akrab disapa Andi Rachman ini, nanti sore akan ada konfrensi pers terkait hasil kunjungan Wamen ESDM tersebut.

"Lebih pada internal ESDM dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S) di Chevron. Saya tak tahu persis apa yang dibicarakan, tapi anti sore ada kofrensi pers terkait dengan kedatangan beliau," ucap Andi Rachman, Kamis (6/7/17).

Meski begitu menurut mantan anggota DPR RI ini, kedatangan Wamen ESDM ini yang sudah kesekian kalinya ini diharapkan persoalan proyek strategis nasional serta Minyak dan Gas (Migas) di Riau dapat berjalan dengan baik.

"Intinya kehadiran beliau bisa dibicarakan percepatan dalam pembangunan Migas. Ini penting diantaranya dalam penyediaan kesempatan lapangan kerja juga. Walau pun kondisi Migas sampai saat ini tak seperti dulu, tapi diharapkan keberadaan migas terus termanfaatkan dengan baik," tutur Andi.

Ada pun menyinggung soal blok Rokan yang diharapkan nantinya juga turut dikelola Riau sebagai 'tuan rumah' dianggap sudah tak ada masalah lagi. Karena secara regulasi, BUMD Riau dipastikan akan turut serta mengelolanya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Hanya yang perlu perhatian Pemprov Riau saat ini mempersiapkan BUMD yang akan turut mengelolanya termasuk sumber daya manusianya.

"Masalah blok sudah tak ada masalah lagi, sudah ada ketentuan. Dimana hak daerah melalui BUMD juga sudah diatur. Jadi kedatangan beliau sebelumnya juga sudah pernah dijelaskan. Jadi tak ada lagi perlu pertanyakan. Tinggal sekarang BUMD-nya kita siapkan," pungkasnya. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index