Terkait Abrasi Sungai Indragiri di Desa Danau Baru , Pemprov Riau Dinilai Tak Tanggap

Terkait Abrasi Sungai Indragiri di Desa Danau Baru , Pemprov Riau Dinilai Tak Tanggap
Abrasi Sungai Indragiri di Desa Danau Baru

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum tidak tanggap untuk membangun turap bibir Sungai Indragiri guna mengantisipasi merebaknya longsor tepatnya di areal pacu jalur Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat Inhu. Akibatnya areal pacu jalur di Desa Danau Baru Inhu tersebut sekitar 70 meter terjadi abrasi dan bahkan aspal badan jalan sudah ambruk ke dalam sungai.

"Masyarakat sudah sangat resah karena tidak lama lagi badan jalan yang merupakan urat nadi masyarakat dan penghubung antar desa serta Kabupaten bahkan provinsi tersebut akan putus," kata tokoh masyarakat Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu, M Riduan SE, Kamis (6/7/2017).

Apalagi jarak pemukiman warga hanya tinggal beberapa meter lagi dari bibir Sungai Indragiri, sehingga warga selalu was-was dan ketakutan apalagi di saat malam hari, takut rumahnya ambruk ke dalam sungai.

"Usulan masyarakat ke pemerintah provinsi agar turap dibangun sudah tidak terhitung lagi berapa kali, karena selama 4 tahun ini diusulkan tidak ada realisasinya," keluhnya.

M Riduan yang juga mantan kepala Desa Danau Baru ini menambahkan, untuk keselamatan masyarakat kususnya masyarakat Desa Danau bukan hanya ke Dinas PU Provinsi Riau diusulkan, termasuk ke Dinas PU Pemerintah Inhu sudah disampaikan agar jemput bola dan shearing untuk membangun turap, tapi sampai saat ini belum ada realisasinya juga.

"Bahkan ke anggota DPRD Provinsi dari dapil Inhu dan Kuansing sudah disampaikan untuk memperjuangkan ke pemerintah tapi nol persen hasil yang didapat untuk membangun turap," ungkapnya. (Obe)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index