Mantap ! Berkat fasilitas dan Prestasi, Dua Puskesmas di Meranti Raih Sertifikat Akreditasi

Mantap ! Berkat fasilitas dan Prestasi, Dua Puskesmas di Meranti Raih Sertifikat Akreditasi

Riauaktual.com - Dua Puskemas di Meranti meraih Sertifikat Akreditasi, Puskesmas itu adalah Puskemas Tebing Tinggi yang mengantongi Akreditasi Madya dan Puskesmas Alah Air mendapat Akreditasi Dasar. Penyerahan sertifikat langsung dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si kepada kepala Puskesmas penerima, bertempat dihalaman Kantor Dinas Kesehatan Meranti, Rabu (5/7).

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Meranti Irwan Suwandi, Sertifikat Akreditasi yang diterima Puskesmas Alah Air dan Puskesmas Tebing Tinggi itu merupakan hasil evaluasi dan penilaian tim Independent dari Kementerian Kesehatan RI. Dimana penilaian meliputi aspek Administrasi Mangamen Pelayanan, Upaya Pelayanan Kesehatan oleh Tenaga Kesehatan dan Upaya Pelayanan Kesehatan dengan melihat fasilitas dalam gedung.

"Dinas Kesehatan telah melakukan pembinaan dan pendapingan selama 9 bulan hingga proses Akreditasi dilakukan oleh Tim Surveiyor dari Kemenkes RI, berkat kerja keras dan dukungan lintas sektor akhirnya Puskesmas Tebing Tinggi meraih Akreditasi Madya dan Puskemas Alai meraih Akreditasi Dasar," jelas Kadiskes.

Menyikapi diraihnya Akreditasi tersebut, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengucapkan apresiasinya, ia berharap Akreditasi yang diraih saat ini dapat ditingkatkan hingga Akreditasi Paripurna. Bagi Puskesmas yang belum meraih Akreditasi Bupati meminta segera mempersiapkan diri untuk proses survei selanjutnya agar seluruh Puskemas yang ada mengantongi sertifikat Akreditasi.

"Demi peningkatan mutu pelayanan kesehatan tingkatkan terus kualitas menuju Akreditasi Paripurna dan bagi yang belum segera persiapkan diri agar dapat meraih Akreditasi," ujar Bupati.

Sekedar informasi dalam waktu dekat yakni September mendatang, Tim Surveiyor Kemenkes RI akan kembali melakuian survei di Puskemas Tanjung Samak, Puskesmas Belitung dan Bandul.

Lebih jauh dikatakan Bupati, diraihnya Sertifikat Akreditasi merupakan bukti bahwa pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Puskemas sudah semakin baik. Selain Puskemas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meranti telah lebih dulu meraih Akreditasi Bintang.

Peningkatan pelayanan kesehatan yang dilakukan Pemda Meranti di Puskesmas dan Rumah Sakit, merupakan jawaban tuntutan masyarakat akan kebutuhan pelayanan kesehatan yang prima. Jika dulunya akibat keterbatasan fasilitas banyak masyarakat yang dirujuk ke luar daerah seperti ke Pekanbaru dan Tanjung Balai, kini berkat fasilitas dan prestasi yang semakin baik jumlah pasien yang dirujuk semakin menurun.

Kepercayaan masyarakat semakin meningkat, jika sebelumnya jumlah pasien yang berobat je RSUD hanya berkisar 40-50 perhari kini sudah mencapai 200 pasien. Hal itu ditunjang oleh ketersediaan dokter spesialis yang semakin banyak dan alat yang semakin lengkap. "Kedepan saya ingin Dokter Spesialis tidak hanya ada di RSUD tetapi juga di Puskemas agar masyarakat merasakan pelayanan kesehatan yang lebih baik," ungkap Bupati.

Dengan semakin tingginya kepercayaan maayarakat untuk berobat di Rumah Sakit, diakui Bupati banyak maayarakat yang meminta rekomendasi dirinya agar mendapatkan fasilitas VIP yang menjadi rebutan. Kedepan untuk memenuhi tuntutan itu Pemkab. Meranti berencana akan membangun gedung baru yang khusus melayani masyarakat menengah keatas sehingga tidak perlu repot-repot lagi berobat ke Pekanbaru dan Malaka.

Pembangunan gedung Puskesmas Tebing Tinggi yang dinilai sudah tua juga menjadi prioritas Pemda. Seperti yang telah dilakukan di Puskesmas Alai, Puskesmas Sungai Tohor, Puskesmas Rangsang Barat, dan Puskesmas Bandul yang merupakan bangunan baru.

Sebagai seorang yang dulunya cukup sering dibawa ke Puskesmas dan Rumah Sakit, Bupati mengerti benar pentingnya fasilitas memadai. Baik dari segi tenaga kesehatan maupun kelengkapan alat. Kedepan pelayanan kesehatan dengan alat yang cangguh dan SDM yang mumpuni akan menjadi prioritas.

Andai harus mendapat perawatan ke Rumah Sakit yang ada di Pekanbaru dan luar daerah lainnya. Dalam melayani masyarakat, Pemkab. Meranti bekerja sama dengan Badan Amil Zalat menyediakan 5 buah ambulan laut yang representatif dan 1 ambulance darat yang ditemoatkan di Pelabuhan Buton.  "jangan khawatir bagi pasien yang terpaksa harus dirujuk ke manapun, Pemda telah menyiapkan ambulance 24 jam dengan biaya yang lebih murah," ucap Bupati.

Dan fasilitas ini bukan hanya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat asal Meranti, tetapi juga bisa dimanfaatkan masyarakat lainnya di Provinsi Riau seperti ambulance darat yang berada di Pelabuhan Buton dan Pekanbaru.

Akhir kata, selain tenaga kesehatan dokter dan fasilitas yang lengkap, dalam hal pelayanan kesehatan ditekankan Bupati H. Irwan, juga harus memperhatikan aspek komunikasi dan edukasi yakni salam, senyum, sapa yang dapat mempengaruhi psikologi pasien.

"Dalam melayani pasien harus mengedepankan prinsip salam, senyum, sapa. Dan saya menghimbau dalam memeriksa dan memberikan obat diiringi juga dengan memberikan edukasi dan penjelasan yang tepat, sehingga efek Psikologi ini dapat mengurangi sedikit demi sedikit penyakit masyarakat," jelas Bupati.

Bupati mengingatkan dokter bukan saja ahli dalam hal mengobati tetapi juga dapat menjadi konsultan yang baik bagi pasien. Sehingga masyarakat menyadari arti kesehatan dan masyarakat tidak perlu sakit. Ia juga mengapresiasi semangat para dokter yang bertugas didaerah terpencil dan perbatasan. "Dokter yang bertugas di daerah terpencil diberikan kendaraan bermotor dan honor tambahan," pinta Bupati kepada SKPD terkait. (hms)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index