Tinjau Langsung Arus Balik, Polresta Pekanbaru Sidak ke Pelabuhan Sungai Duku

Tinjau Langsung Arus Balik, Polresta Pekanbaru Sidak ke Pelabuhan Sungai Duku

Riauaktual.com - Guna memantau kedatangan arus balik mudik lebaran idul fitri 2017, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol.Susanto yang diwakilkan oleh Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edi Sumardi Priadinata, S.I.K beserta jajarannya menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pelabuhan Sungai Duku, Sabtu siang kemarin.

AKBP Edi menjelaskan langkah ini sebagai antisipasi kejahatan terutama saat puncak arus balik Mudik lebaran Idul Fitri 2017 yang mulai meningkat sejak hari ini.

Setibanya di pelabuhan sungai duku, AKBP Edi Sumardi langsung mendatangi pos pelayanan yang didirikan di sana, tempat pelayanan tiket hingga ruang tunggu penumpang/pemudik.

“target kita adalah orang, barang, tempat dan kegiatan di Pelabuhan Sungai Duku,” kata AKBP Edi

AKBP Edi juga mengatakan, “Kita ingin memastikan arus balik di Pelabuhan Sungai Duku berjalan lancar tanpa gangguan. Kita lihat personel siap, terintegrasi dan terpadu dari berbagai stake holder yang dilibatkan. Informasi yang kita himpun, sejauh ini situasi masih aman, lancar dan terkendali,” tambahnya

Menurut dia, aktivitas arus balik belum ada peningkatan yang signifikan di Pelabuhan Sungai Duku. “Kemungkinan besok (puncak arus balik, red). Kita sudah lakukan langkah persiapan menghadapi itu, untuk memberi rasa aman dan pelayanan prima kepada Pemudik,” yakin Edi Sumardi.

Selain itu, para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kapal pun tak luput dari Sidak. Mereka satu persatu ditanyai, termasuk soal harga tiket. Tujuannya guna memastikan agar para Calo tidak memanfaatkan moment arus balik demi meraup pundi-pundi uang.

Sejauh ini aktivitas Mudik di Pelabuhan Sungai Duku masih kondusif, termasuk dari aksi kejahatan dan premanisme. “Belum ada kita dapat laporan soal kriminalitas, namun demikian anggota tetap patroli untuk mengantisipasi potensi kejahatan,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, AKBP Edi menghimbau kepada pengelola jasa transportasi dan para penumpang untuk mengutamakan keselamatan diri, barang dan keluarga termasuk anak-anak

“agar di cek kondisi kapal, termasuk ketersediaan alat pengamanan bagi penumpang, seperti pelampung dan sebagainya. Ini bertujuan agar keselamatan mereka terjamin selama Mudik lebaran berlangsung, dan Hindari orang yang tak dikenal, misalnya kasih minuman dan makanan yang berujung pada upaya kejahatan,” tutupnya. (rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index