Urai Kemacetan, Pemprov Riau Kembali Berwacana Bangun Dua Fly Over di Pekanbaru Tahun 2018

Urai Kemacetan, Pemprov Riau Kembali Berwacana Bangun Dua Fly Over di Pekanbaru Tahun 2018

Riauaktual.com - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, membenarkan rencana pembangunan Fly Over di persimpangan Mall SKA Pekanbaru. Tak hanya disana, Fly Over juga bakal dibangun di persimpangan pasar pagi Arengka yang menghubungkan jalan Soekarno-Hatta-HR Soebrantas.

"Tahun ini ada perubahan (Detailed Engineering Design) DED pembangunan fly over. Waktu puasa kemarin saya berdiskusi dengan Walikota Pekanbaru terkait ini. Dan keputusannya bukan underpass, tapi fly over di simpang SKA itu," ungkap Gubri, Jumat kemarin.

Menurut Gubri, keputusan memilih Fly Over ketimbang Underpass yang selama ini banyak dipublikasikan, sudah melalui kajian tekhnis yang matang.

"Memang seperti yang disampaikan dalam kajian tekhnis, perawatan underpass cukup tinggi. Risikonya juga besar, makanya kita putuskan bangun fly over saja. Awal tahun depan sudah mulai bangun konstruksinya," ucap pria yang akrab disapa Andi Rachman itu.

Tak hanya Fly Over di persimpangan SKA, Pemprov Riau juga bakal membangun fly over di simpang empat pasar Pagi Arengka. Pembangunan fly over ini sebagai langkah mengurangi kemacetan di kawasan tersebut.

"Tahun depan dua fly over yang kita bangun. Satu simpang SKA dan satu lagi simpang Pasar Pagi Arengka. Kita lihat dua kawasan ini kalau tidak dibangun fly over bisa krodit. Makanya tahun ini DED kita siapkan, tahun depan langsung dibangun," pungkasnya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, sebelumnya memang muncul wacana dan usulan dari berbagai pihak agar dua persimpangan ini dibangun undepass.

"Ada usulan memang dua persimpangan ini dibangun underpass, karena secara estetika lebih baik. Namun karena pertimbangan tekhnis, kita putuskan fly over saja," ucapnya.

Sebelumnya Walikota Pekanbaru mengatakan, pembangunan underpass di persimpangan Mall SKA cukup beresiko. "Biaya mahal, dan area tersebut bergambut. Dikhawatirkan kalau hujan underpass bisa digenangi air, dan tidak bisa difungsikan," paparnya.(TR/MCR)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index