Obama Pesan Kelestarian Candi Borobudur Harus Dijaga

Obama Pesan Kelestarian Candi Borobudur Harus Dijaga
Foto : Obama dan keluarga saat berada di kawasan Candi Borobudur (Foto: Pertiwi/detikcom)

Riauaktual.com - Presiden ke-44 Amerika Serikat Presiden (AS) Barrack Obama bersama rombongan menikmati sore di Candi Borobudur. Pengelola Taman Wisata Candi (TWBC) Borobudur mengaku menitipkan pesan toleransi kepada Obama.

"Candi Borobudur ini adalah simbol toleransi atau simbol 'harmony in Indonesia'. Sebagai candi Buddha, sudah beratus tahun candi ini ada di sini dan mampu kita jaga. Meskipun mayoritas warga di sini adalah umat muslim," kata Direktur Utama PT TWBC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCB PRB), Edy Setijono usai kunjungan Obama di Candi Borobudur, Rabu (28/6/2017).

Edy mengatakan Obama memberikan tanggapan positif akan pesan tersebut. Obama, kata dia, berpesan agar masyarakat menjaga kelestarian Candi peninggalan Syailendra itu.

"Beliau menyampaikan, bahwa memang seharusnya warga memproteksi candi ini. Inilah pesan positif yang harus disampaikan kepada masyarakat di seluruh dunia," ucapnya.

Edy menyebut Obama sangat terkesan dengan kunjungannya ke Borobudur. Apalagi kali ini Obama didampingi keluarga besarnya.

"Beliau sangat senang sekali berkunjung kembali ke sini. Dulu memang ketika kecil pernah ke Candi Borobudur, tapi kali ini lebih istimewa karena beliau mengajak keluarga besarnya," jelas Edy.

Selama kunjungan tersebut, Obama dan keluarganya berkesempatan naik sampai stupa induk atau puncak candi. Edy mengklaim kedatangan Obama tidak mengganggu pengunjung lain.

"Tidak sampai ganggu pengunjung lain, ini seperti kunjungan tamu negara biasanya. Kita atur flow pengunjung, ada satu sisi yang kita alihkan sehingga arus pengunjung lancar," terangnya.


Sumber : detik.com

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index