Efek Fatal Tak Cuci Mobil Usai Dipakai Mudik

Efek Fatal Tak Cuci Mobil Usai Dipakai Mudik
Foto : NEWSmedia

Riauaktual.com - Mudik ke kampung halaman di momentum jelang Lebaran memang menjadi perjalanan yang melelahkan. Sebab, perjalanan dilakukan bersamaan dengan banyak orang lain, sehingga potensi macet sangat besar.

Umumnya banyak pemudik yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil, memilih langsung istirahat sesampainya di lokasi.

Tetapi, sebenarnya ada anjuran yang patut untuk dilirik. Menurut Deni Yohanes, Professional Detailer Meguiars, sesampainya di tempat tujuan, pemilik diharapkan mencuci mobil terlebih dahulu. Terlihat sepele dan dianggap bisa dilakukan kapan saja. Namun, ternyata berakibat fatal jika tidak dilakukan.

“Itu agar terhindar dari kerak-kerak efek dari debu yang menempel seperti noda aspal, jamur, dan oksidasi akibat cuaca. Jika dibiarkan warna mobil akan kusam,” ujar Deni , sebagaimana dikutip dari VIVA.co.id, .

Kotoran yang menempel dikatakan akan lebih berpotensi merusak eksterior pada mobil berwarna terang seperti abu-abu, putih, dan sejenisnya. "Dianjurkan setelah sampai di kampung halaman kendaraan dicuci terlebih dahulu. Agar terhindar oksidasi polusi knalpot kendaraan dan polusi udara yang menempel pada cat," tuturnya.

Sementara itu, menurut Yanuar Fadillah Zakir, Advertising and Promotion Meguiars, jika pencucian dilakukan setelah kembali dari kampung halaman akan berakibat fatal. Seperti muncul kerak jamur pada bodi karena waterspot. Selain itu, noda aspal yang menempel di bodi akan semakin mengeras dan berpotensi merusak lapisan cat.


 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index