Beri THR ke Ponakan, Ngasih Uang atau Barang Ya?

Beri THR ke Ponakan, Ngasih Uang atau Barang Ya?
Kelola THR (Foto: Huffingtonpost)

Riauaktual.com - Tunjangan Hari Raya biasanya didapatkan oleh orang-orang yang bekerja pada perusahaan. Meski demikian, kenyataannya THR juga didapatkan oleh anak-anak.

Sederhananya, mereka mendapat THR dari om dan tante atau keluarga yang lebih tua dan sudah bekerja. THR yang dimaksud lebih kepada hadiah di momen Lebaran. Pemberiannya pun biasanya dilakukan dengan bentuk uang.

Namun ada pula orang yang takut uang yang diberikan kepada keponakan justru akan digunakan oleh orangtuanya? Lalu sebaiknya apa yang kita berikan kepada keponakan atau adik-adik sepupu?

Psikolog Ajeng Raviando mengatakan, pemberian hadiah Lebaran seperti ini dilakukan oleh banyak orang. Sehingga ini seperti tradisi tukar-menukar hadiah antara keluarga.

“Masalahnya anak kita juga dikasih sama keluarga. Jadi sebenarnya cuma pindah tangan, cuma barter. Ini tidak bisa dihindari, kalau ngasih sesuatu ya kasih balik,” ujar Ajeng sebagaimana dikutip dari Okezone melalui sambungan telefon baru-baru ini.

Meski demikian, psikolog lulusan Universitas Indonesia ini menyarankan jika Anda ingin hadiah Lebaran benar-benar dinikmati orang yang Anda tuju, maka sebaiknya berikan hadiah yang sesuai dengan keperluannya.

“Usianya segini mungkin lebih baik kasih buku, atau butuh apa, tas atau apa yang dia butuhkan tidak apa-apa juga. Bisa saja langsung belikan, kalau memang tahu kebutuhannya apa,” jelasnya.

Baca Juga : Jangan Lupa Zakat dan Pikirkan Hal Penting Ini ketika Kelola THR

Untuk keponakan yang masih duduk di bangku SMP atau SMA, Anda bisa membelikannya peralatan sekolah. Jika tidak peralatan sekolah, Anda juga bisa menggantikannya dengan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan hobinya.

“Jadi tepat sasaran. Anak itu pasti suka kalau dikasih dan bermanfaat. Tidak apa-apa dikasih barang, langsung juga berikan ke anaknya sesuai dengan kesukaan anak. Tapi kalau tidak tahu kebutuhannya ya mentok kasih uang,” pungkas Ajeng.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index