Legislatif Komentari Dugaan Peredaran Beras Plastik di Pekanbaru

Legislatif Komentari Dugaan Peredaran Beras Plastik di Pekanbaru
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Adanya temuan dugaan peredaran beras plastik alias beras sintetis di kota Pekanbaru ditanggapi langsung oleh Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono.

Kabar didapatinya beras plastik itu berasal dari Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman, yang mana pihaknya mengamankan beras yang diduga terbuat dari plastik hasil dari investigasi tim nya dilapangan.

Lebih lanjut dikatakan Irba, untuk memastikan beras tersebut aman untuk dikonsumsi, pihaknya sudah membawa beras tersebut ke BPOM.

"Kalau memang nanti hasil dari BPOM menyatakan itu beras plastik, maka kita minta razia atau sidak besar-besaran ke tempat-tempat yang dianggap terindikasi. Ini dilakukan agar keresahan masyarakat bisa segera terselesaikan," ucap Sigit, saat berbincang bersama wartawan, Selasa (20/6/2017)

Menurutnya, sanksi pidana bisa saja dijatuhkan kepada penjual beras plastik. Karena kata Sigit, peredaran beras plastik yang dioplos dengan beras asli itu masuk dalam unsur penipuan dan mengancam kesehatan seseorang.

"Ini kejahatan yang sangat membahayakan kesehatan manusia yang mengonsumsinya, dan ini namanya membunuh secara pelan-pelan karena disuruh makan plastik, makanya ini para pelaku yang terlibat perdagangan beras ini harus di hukum," tegasnya.

Namun disamping itu semua politisi Demokrat ini mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan jeli dalam membeli beras, dan jangan ragu untuk bertanya.

"Kalau bisa beli di agen-agen terpercaya, kalau ragu ditanyakan kepada penjual itu beras layak konsumsi atau seperti apa. Kalau ragu lebih baik jangan membeli," pungkasnya. (DWI)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index