Diduga Beras Plastik Beredar di Pekanbaru, Masyarakat Diminta Hati-hati

Diduga Beras Plastik Beredar di Pekanbaru, Masyarakat Diminta Hati-hati

Riauaktual.com - Pasca diamankan beras yang diduga terbuat dari plastik. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru menghimbau kepada masyarakat Pekanbaru untuk berhati-hati terhadap beredarnya beras plastik tersebut.

Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman mengatakan pihaknya Jumat (16/6) lalu telah turun ke lapangan untuk mengecek keberadaan beras yang diduga mengandung plastik.

"Kita mendapat informasi dari kawan-kawan media juga kok. Nah lokasinya itu di Panam sana, tepatnya di jalan SK," ujarnya, Senin (19/6/2017).

Irba menambahkan, berdasarkan laporan dan kecurigaan ini Disperindag langsung membeli 1 karung beras berisi ukuran 10 Kg dan 1 Kg beras eceran merek B.

"Setelah kami memeriksa kondisi fisik beras. Sekilas memang warna beras yang ditemukan ini memang berbeda dengan beras biasa. Dimana warnanya lebih putih dan mengkilat. Selain itu, ketika direndam ke dalam air, ditemukan beberapa butir beras mengapung," jelas Irba.

Menurut Irba, pihaknya juga melihat adanya perbedaan antara beras eceran dan juga beras yang dibeli di dalam karung berisi 10 Kg.

"Kalau yang eceran, beras nampak biasa dan banyak yang patah-patah. Tapi kalau yang di karung memang lebih putih, bedalah dengan beras biasa dijual dipasaran," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Irba, untuk memastikan beras tersebut aman untuk dikonsumsi. Maka hari ini pihaknya akan membawa beras tersebut ke BPOM.

"Untuk memastikanya hari ini kita akan lakukan pengecekan ke lab BPOM. Meskipun sekilas kita lihat ada perbedaan, namun perlu dilakukan pengecekan. Sehingga tidak timbul fitnah," terangnya.

Untuk itu, Irba mengimbau masyarakat Pekanbaru untuk berhati-hati saat hendak membeli beras agar tidak sampai membeli beras yang palsu. Kerena ini bisa berdampak pada kesehatan jika dikonsumsi.

"Cek berasnya, kalau dirasa mencurigakan, tidak usah beli. Cari yang kira-kira tidak mencurigakan,karena efek beras plastik ini sangat tidak bagus untuk kesehatan. Masyarakat jangan hanya tergiur dengan harga murah dan jadilah konsumen cerdas," tutupnya. (Man)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index