Ini Bahayanya Minum Es saat Berbuka Puasa

Ini Bahayanya Minum Es saat Berbuka Puasa
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - ADZAN Maghrib berkumandang! Momen tersebut pasti ditunggu-tunggu semua orang yang menjalankan puasa. Menyeruput minuman segar atau makanan manis menjadk hal pertama yang dilakukan. Itu dilakukan agar tubuh mendapatkan gula darah yang akhirnya meningkatkan energi.

Tapi, tak jarang di antara Anda mungkin saat berbuka memilih minuman dingin. Sebut saja, sirup manis dengan tambahan es batu, es buah yang segar, atau es kelapa muda yang enak. Namun, ternyata ada hal buruk yang akan Anda rasakan bila perut kosong langsung diberikan minuman dingin.

Dilansir dari The Apple Daily, bila Anda minum air dingin saat perut Anda kosong, risiko paling banyak dirasakan adalah tidak sehatnya sistem pencernaan Anda. Itu terjadi karena tubuh harus bekerja ekstra untuk menormalkan suhu minuman. Proses tersebut bisa menimbulkan rasa sakit perut.

Setelah itu, masalah lain yang bakal Anda rasakan bila meminum air dingin setelah berbuka adalah bisa mengencerkan semua komposisi asam dan mineral baik tubuh. Bila itu terjadi, risiko diare akan mengancam Anda. Tak hanya itu, air dingin juga akan menonaktifkan proses fermentasi di perut yang juga menjadi faktor lain gangguan pencernaan.

Dijelaskan lebih lanjut, mengonsumsi air putih saat perut kosong juga bisa memicu timbulnya 42 jenis penyakit yang tentunya berakibat buruk ke tubuh. Dan masalah lainnya yang bisa terjadi adalah mengarah ke perilaku agresif atau juga gangguan mental, serta segala macam gangguan psikosomatik.


Sumber : okezone

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index