Saat Kunjungan ke Riau, Mendag Jamin Stok dan Harga Sembako Aman Jelang Idul Fitri 1438 H

Saat Kunjungan ke Riau, Mendag Jamin Stok dan Harga Sembako Aman Jelang Idul Fitri 1438 H
ubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman bersama menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita pada acara Pasar Murah Ramadan RAPP di Pangkalan Kerinci Â

Riauaktual.com - Menteri Perdagangan RI, Enggratiasto Lukita jamin ketersediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Indonesia, tak terkecuali Riau tetap terpenuhi. Masyarakat diminta tak risau, menjelang datangnya Idul Fitri 1438 nanti.

"Stok aman, jadi tak ada perlu dirisaukan. Semua kebutuhan kita jamin tersedia," kata Mendag, usai membuka pasar murah Ramadhan yang ditaja PT RAPP, Minggu (18/6).

Kepastian terpenuhinya kebutuhan stok sembako selama Ramadhan dan Idul Fitri itu nanti setelah Mendag dan Meteri Pertanian (Mentan) meninjau pasar induk di Jakarta.

Menurutnya, ketersediaan pasar induk di Jakarta tersebut menjadi referensi. Tidak hanya itu, harga stabil yang dikatakan Mendag tersebut bahkan cenderung turun untuk beberapa komoditi.

"Kemarin saya bersama pak Mentan meninjau pasar induk, untuk memastikan ketersediaan pasokan. Karena seandainya di Jakarta pasar induknya itu aman, maka daerah juga pasti aman. Kalau di sana kekurangan maka daerah juga kekurangan," ungkap Mendag.

Meski telah yakin akan ketersediaan sembako selama Ramadhan dan Idul Fitri. Namun Mendag rupanya telah menempatkan stafnya untuk mengawasi ketersediaan sembako, khususnya di 70 Kota yang fluktuasinya tinggi.

Sementara Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat memberikan sambutan pasa pasar murah RAPP tersebut, sempat menyapa warga yang datang antri mendapatkan sembako. Selain itu, Andi (sapaan akrab Gubri) juga melaporkan harga dan kestabilan sembako di Riau.

Secara umum, menurut Andi (sapaan akrab Gubri), tidak ada terjadi gejolak harga. Sebagian besar harga sembako stabil kecuali beberapa sembako yang mengalami kenaikan harga dibanding hari biasa seperti minyak goreng.

Pasar Murah

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita buka pasar murah Ramadhan di komplek Balai Pengembangan Usaha Terpadu (BPUT) PT RAPP di Pangkalan Kerinci. Pembukaan pasar murah ini ditandai penjualan dan penyerahan secara simbolis paket sembako terdiri dari beras, tepung, sirup, minyak goreng dan gula kepada masyarakat.

Penjualan dan penyerahan paket sembako ini juga diikuti secara simbolis oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serta Bupati Pelalawan HM Haris.

Pasar murah Ramadhan yang digelar PT RAPP ini tidak hanya digelar di Pelalawan saja. Tetapi juga digelar secara serentak di tiga daerah lainnya seperti Siak, Meranti, Kuantan Singingi.

Direktur Utama PT RAPP Rudi Fajar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan tidak lain untuk mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi Idul Fitri 1438 H.

Menurut Rudi, hal ini adalah sebagai bentuk kepedulian RAPP kepada masyarakat. Apalagi selain penjualan yang murah, hasil dari penjualan pasar murah Ramadhan ini sendiri nantinya diserahkan kepada sejumlah pondok pesanteran dan yayasan yang bergerak dibidang panti asuhan.

Sebelum membuka pasar murah Ramadhan ini, Mendag terlebih dahulu melakukan penanaman pohon jenis eukaliptus di RGE Technology Center komplek Riau Pulp and Paper (RAPP), Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Penanaman pohon tersebut didampingi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Pelalawan HM Haris. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index