THR Pensiunan TNI dan Polri Cair Mulai Besok

THR Pensiunan TNI dan Polri Cair Mulai Besok

Riauaktual.com - Pemerintah telah mencairkan anggaran pensiun ke-13 atau Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada PT Taspen (Persero) dan PT Asabri (Persero). Kedua BUMN tersebut kemudian selanjutnya akan menyalurkan pensiun ke-13 kepada para pensiunan ASN tersebut.

“Sudah dicairkan dana untuk pensiun ke-13 kepada Taspen dan Asabri, untuk selanjutnya disalurkan kepada penerima pensiun melalui bank mitra kerja dan kantor pos,” ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan (DJPBN Kemenkeu) Marwanto Harjowiryono, sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (18/6).

Adapun besaran pensiun ke-13 setara dengan pensiun pokok yang diterima pensiunan. Selain memproses pensiun ke-13, pemerintah juga tengah memproses pencairan THR PNS pemerintah pusat yang sudah mulai dicairkan sejak Kamis (15/6). Adapun pencairan THR PNS daerah, menurut dia, dilakukan melalui mekanisme Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Untuk PNS daerah, pencairannya melalui mekanisme APBD. Silahkan dicek di daerah dimaksud," ungkap dia.

Direktur Keuangan Asabri Hari Setianto menjelaskan, pensiun ke-13 sudah dapat diambil oleh pensiunan mulai besok, Senin (19/6). Adapun Asabri saat ini melayani penyaluran dana pensiun kepada pensiunan TNI, Polri, serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Pertahanan (Kemenhan)/ Polri.

“Pengambilan pensiun ke-13 data dilakukan pada 14 bank mitra kami dan kantor pos,” terang Hari.

Adapun pengambilan dana pensiun bulan Juli dapat dilakukan mulai 1 Juli mendatang.

Sebagai informasi, tahun ini pemerintah menyiapkan anggaran sebanyak Rp23 triliun untuk pemberian THR dan gaji ke-13 bagi ANS. Adapun hingga pekan ini, pemerintah telah mencairkan THR PNS sebesar Rp2,7 triliun untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) pemerintah pusat.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index