Mengintip Surga Penyu ke Pulau Jemur Rohil

Mengintip Surga Penyu ke Pulau Jemur Rohil
Penyu di Pulau Jemur

Riauaktual.com - Festival Bakar Tongkang hanya ada satu di dunia. Dan itu menjadi agenda wisata budaya tahunan di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Keunikannya menjadi dayak tarik untuk mendatangkan wisatawan asing maupun domestik. Tak puas dengan itu, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tengah gencar mengembangkan potensi wisata lainnya yang ada di wilayahnya, baik wisata alam ataupun wisata sejarah.

Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno mengatakan saat ini pemerintah tengah gencar mempromosikan wisata alam Pulau jemur ke dunia internasional.

Menurut Suyatno pulau Jemur punya keunikan tersendiri, karena di sana merupakan tempat tinggal dari penyu hijau, yang masuk dalam kategori langka.

"Di pulau Jemur itu tiap tahun ada musim penyu bertelur, seperti bulan ini, penyu-penyu kedaratan untuk bertelur, penyunya pun berbeda, kalau di pulau jemur, penyunya warna hijau, penyu hijau," kata Suyatno, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan saat ini Pemkab Rokan Hilir telah membuka jalur untuk kapal ferry agar wisatawan dapat dengan mudah mengakses ke Pulau Jemur.

Suyatno optimis Pulau Jemur dapat menarik perhatian wisatawan karena menawarkan keindahan dan penyu hijaunya. Apa lagi pulau jemur hanya berjarak 63 km dari pelabuhan Kla, pelabuhan utama milik Malaysia.

Selain itu, Suyatno juga tengah menggencarkan untuk wisata sejarah. Seperti Menara Air peninggalan Belanda yang berada di Jalan Siak, Bagansiapiapi.

"Kita juga akan merenovasi menara air, bangunan bersejarah peninggalan Belanda, agar dapat dinikmati para wisatawan," pungkas Suyatno, dilansir dari potretnewscom, kemarin.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index