Wamen ESDM Kaget Kenapa Listrik di Riau Masih Sering Padam

Wamen ESDM Kaget Kenapa Listrik di Riau Masih Sering Padam
Gubri saat dampingi Wamen ESDM RI tinjau PLN Wilayah 3 Sumatera.

Riauaktual.com - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Arcandra Tahar kaget masih seringnya terjadi pemadaman listrik di Riau, meski daerah ini dikenal kaya akan energi.

Jika memang alasan beban tak cukup, sangat ironis. Karena dua pembangkit yang ada di Riau saat ini sudah sangat cukup menyuplai daya seluruh daerah di Riau.

"Soal pemadaman, ini Riau daerah kaya energi, tapi kok listriknya sering padam. Saya juga bertanya soal itu. Apakah disebabkan beban tak cukup," kata Wamen usai meninjau Kantor PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) di Jalan Tuanku Tambusai, Rabu (14/6/17).

Menurut Wamen, masih terjadinya pemadaman listrik di daerah kaya energi ini memang harus dicarikan solusi. Apakah berkaitan dengan beban waktu puncak atau menyangkut dengan beban yang terpasang.

Namun hal itu sangat mungkin karena gangguan alam seperti hujan lebat atau petir. Hanya saja, menurut Wamen, persoalan ini sangat bisa diatasi selagi persoalan berkaitan dengan tekhnis.

Sementara, Direktur PLN Regional Sumatera Amir Rasyidin menyatakan kalau persoalan pembangkit di Riau suda tidak ada masalah. Hanya saja yang perlu diperkuat saat ini dari sisi tranmisi dan distribusi.

Dua hal ini menurut Amir, akan terus dimaksimalkan untuk meminimalisir pemadaman yang saat ini masih terjadi, baik di Pekanbaru mau pun sejumlah kabupaten kota di Riau.

"Ganguan itu bisa berasal dari pembangkit, tranmisi dan distribusi daya. Kalau pembangkit sudah cukup, tinggal memperkuat tranmisi dan distribusinya saja lagi," papar Amir.

Ada pun hal lainnya yang sudah dilakukan PLN WRKR, khususnya persoalan tekhnis karena gangguan tertentu, WRKR punya program, yakni diantaranya program menelusuri aliran listrik apakah dekat dengan pohon atau tidak, hal ini menggunakan GPS.

Disisi lain, saat Wamen ESDM Arcandra Tahar berkesempatan melihat ruangan Dispatcher (ruang kontrol) pembangkit sistem Sumatera untuk mendengarkan penjelasan secara langsung dari GM Pusat Penyalur dan Pengatur Beban Sumatera (P3BS) Nur Widianto, Wamen juga banyak bertanya persoalan distribusi daya, baik dari segi gangguan mau pun pasokan daya yang dihadapi selama penyaluran daya.

Sebelum meninjau ruangan Dispatcher PLN WRKR, Wamen ESDM juga menyempatkan mengadakan rapat bersama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Kadis ESDM Riau Syahrial Abdi, Direktur PLN Regional Sumatera Amir Rasyidin, Kepala PLN WRKR Irwansyah.

Pertemuan selama hampir satu jam ini, Gubernur Riau dan GM PLN banyak memaparkan soal kelistrikan yang ada di negeri Lancang Kuning ini. Usai meninjau PLN WRKR ini, Wamen dab rombongan lalu meninjau Pertamina Sungai Duku terkait kesiapan bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri. (yai)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index