Jelang Lebaran, Imigrasi Bengkalis Tingkatkan Pengawasan

Jelang Lebaran, Imigrasi Bengkalis Tingkatkan Pengawasan
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Kantor Imigrasi Kelas II Bengkalis tetap meningkatkan pengawasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non Prosedural dan Tenaga Kerja Asing ke Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Bengkalis Toto Surianto, bahwa pengawasan dimulai dari pihaknya, pada saat? melakukan pemeriksaan Paspor, ketika melakukan interview, sesuai apa tidak kebutuhan paspornya.

"Kita mulai dari pembuatan paspor mereka yang mengajukan permohonan paspor, kita akan cek keperluannya dari asal daerahnya," ungkapnya, Rabu.

Memasuki Hari Raya Idul Fitri 1438 H ini, untuk pengawasan tetap seperti hari biasa, hanya cukup menambah jumlah personil saja. Karena jumlah kunjungan ataupun yang keluar dari Bengkalis dipastikan akan terjadi.

"Personil kita ini, akan ditempatkan di pelabuhan Sri Setia Raja Selat baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis," tambahnya.

Dikatakannya keluar masuknya TKI non prosedural atau tenaga kerja asing itu tidak ada yang insidentil atau menjelang Lebaran, karena pihaknya selalu melakukan penekanan kepada anggotanya untuk lebih berhati- hati dan memantau setiap pergerakan yang ingin masuk dan keluar dari wilayah imigrasi Bengkalis.

Dijelaskannya, masuk dan keluarnya TKI ataupun tenaga kerja asing non prosedural ini, biasanya ketika kondisi mulai sepi penjagaan.

Sementara itu, meski nanti Lebaran ada cuti bersama, pihaknya tetap menempatkan anggotanya di pelabuhan internasional untuk memantau hal hal seperti itu, bahkan pihaknya akan melakukan penambahan anggota untuk berjaga memantau pada saat itu.

"Biasanya lima anggota, menjelang Lebaran nanti akan kita tambah menjadi dua kali lipat dari hari biasanya, karena banyaknya masyarakat yang menggunakan pelabuhan itu pas Lebaran sehingga tidak bisa dipantau hanya oleh lima petugas saja," tutupnya. ‎(put)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index