Tingkat Kunjungan Wisata Rohil Terus Meningkat

Tingkat Kunjungan Wisata Rohil Terus Meningkat
bakar tongkang

Riauaktual.com - Tingkat kunjungan Wisata pada iven Nasional perayaan Ritual Bakar Tongkang (RBT) tahun 2017 terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Dimana tahun ini tercatat jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca Negara lebih kurang 50 Ribu pengunjung. Ritual ini kembali mencatat sejarah sebagai peringkat ke 10 wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Bupati Rohil, H Suyatno mengatakan, Ritual Bakar Tongkang ini telah masuk di kalender nasional sebagai salah satu wisata yang terdapat dipropinsi Riau. Iven budaya warisan leluhur masyarakat Tionghoa ini mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan setiap tahunnya kenegeri seribu kubah.

Bahkan, tahun ini perayaannya dihadiri oleh ketua DPR RI, Setya Novento, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Wagubri H Wan Thamrin  Hasyim, Dandrem 031 Wirabima Abdul Karim, Kapolda Riau Irjen Zulkarnaen, Bupati Pelalawan HM Haris, dan undangan penting lainnya diriau.

Wisata Bakar Tongkang atau dikenal dengan perayaan ulang tahun dewa Ki Hu Ong Ya ini tujuannya adalah untuk menentukan arah rezeki bagi masyarakat tionghoa. Disisi lain, Pembakaran tongkang ini juga bertujuan supaya kapal yang dibuat memakan anggaran ratusan juta itu tidak bisa membawanya pulang kekampung asalnya.

"Iven Bakar Tongkang ini sudah mendunia, dan ini merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh pemkab Rohil. Ritual ini setiap tahunnya membuat kota bagansiapiapi menjadi lautan manusia," kata Suyatno, dilansir dari halloriaucom, kemarin.

Ditambahkan, kalau tahun lalu perayaannya diguyur Hujan deras, namun tahun ini cuacanya sangat panas dan berjalan dengan lancar dan sukses.

Dilanjutkan Suyatno, pelaksanaan RBT ini setiap tahunnya terlaksana berkat kekompakan etnis Tionghoa terutama donatur asal Bagansiapiapi yaitu Sugianto alias Raja Baut.

"Semuanya ini tentunya telah dipersiapkan sejak lama, sehingga bisa berjalan sukses acara seperti apa yang kita lihat sekarang," katanya dengan bangga.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index