INSPIRASI BISNIS: Jernihnya Bisnis Optik Hanya Bermodal Rp7,5 Juta

INSPIRASI BISNIS: Jernihnya Bisnis Optik Hanya Bermodal Rp7,5 Juta
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Berbisnis urusan mata, mengapa tidak? Usaha optik atau hal-hal yang berhubungan dengan urusan mata juga tidak jarang dilirik masyarakat.

Bukankah mata juga merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang amat penting?

A. Peluang Bisnis

Banyaknya masyarakat kita yang menderita rabun senja (minus) menjadi peluang yang sangat besar untuk berbisnis di bidang ini. Termasuk juga mereka yang sudah mulai tua, biasanya menderita rabun jauh (plus).

B. Memulai Bisnis

Berikut beberapa langkah yang sebaiknya Anda lakukan untuk memulai bisnis ini.

1. Survei pasar. Apakah di tempat tersebut sudah ada optik atau belum. Jika di tempat tersebut sudah ada optik, itu bisa menjadi pertimbangan buat Anda apakah akan melanjutkan bisnis tersebut atau tidak.

2. Persiapan modal. Seperti yang sudah diceritakan pada persiapan-persiapan bisnis sebelumnya. Modal itu penting sehingga perlu untuk dikalkulasikan dari awal. Persiapan dari mana Anda mendapatkan sumber modal. Apakah modal punya Anda sendiri atau modal dari orang lain.

3. Persiapan jaringan sebagai supporting system. Tempat untuk pemesanan kacamata, tempat mencetak brosur promosi, dan tempat untuk belajar mengenai seluk-belum mata dan kacamata.

C. Hambatan

Hambatan yang biasa akan dihadapi dalam bisnis ini adalah sebagai berikut.

1. Usaha ini bukan usaha yang dapat menjaring pelanggan setiap waktu, oleh karena itu usaha ini rentan terkena risiko saat-saat sepi dengan pelanggan.

2. Usaha ini hanya punya segmentasi tertentu, yaitu masyarakat yang membutuhkan layanan lensa mata, dan tidak semua orang membutuhkan pemeriksaan dan pembelian kacamata.



Sumber : okezone
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index