Pemred Riau Aktual Beri Pelatihan Jurnalistik Dasar di UIN Suska Riau

Pemred Riau Aktual Beri Pelatihan Jurnalistik Dasar di UIN Suska Riau
Pemred Riau Aktual menerima cindera mata dari pani

PEKANBARU (RA) - Pemimpin Redaksi Portal Berita RiauAktual.com, Riki Rahmat S I Kom Sabtu (22/12/2012) pagi kemarin memberikan pelatihan jurnalistik dasar kepada mahasiswa semester pertama Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (SSK) Riau. Dalam pelatihan yang ditaja oleh mahasiswa FDIK semester tujuh UIN yang tergabung dalam media kampus Komunika.

Lebih dari 50-an mahasiswa yang hadir saat itu tampak serius mengikuti pelatihan. Pada awalnya, berdasarkan jadwal pelatihan ini hanya dari pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. Akan tetapi, karena antusias peserta pelatihan, maka acara tersebut berlangsung hingga Ba'da Zuhur menjelang.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut oleh Riki yakni pengenalan tentang ilmu jurnalistik kepada kalangan mahasiswa tingkat dasar. Seperti mengenali kode etik jurnalistik, proses wawancara, hingga tata bahasa yang benar dalam penulisan berita.

Mahasiswa diminta untuk langsung praktek wawancara dengan rekan sebelah dan menuliskannya dalam bentuk berita. Dari praktek tersebut mahasiswa dapat mengetahui betapa susahnya dalam menciptakan berita hingga mempublikasikannya.

"Kalau ilmu dasar memang hanya kita berikan tentang pengenalan jurnalistik hingga penulisan berita saja. Sebenarnya kalau berbicara jurnalistik ini tak bisa dikupas dalam satu kali pertemuan saja, karena sangat banyak sekali aspek yang perlu kita pahami sebelum kita beranikan diri untuk terjun ke lapangan untuk mengemban profesi sebagai wartawan," ungkap Riki ketika dikonfirmasi usai acara berlangsung.

Ketua Panitia pelatihan jurnalistik, Panji mengatakan, pelatihan tersebut terdapat dua sesi, yang pertama adalah pelatihan jurnalistik yang menghadirkan pemateri dari Portal Berita RiauAktual.com Riki Rahmat S I Kom, sementara siangnya pukul 13.15 WIB dilanjutkan dengan pembelajaran menjadi wartawan foto yang menghadirkan pemateri dari Portal Berita Antara Riau.

"Ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan jurnalistik dasar kepada teman-teman kita yang baru bergabung di kampus ini, bahkan tadi banyak juga anak semester satu dari fakultas lainnya berminat mengikuti acara ini. Kita juga menyampaikan terimakasih kepada pemateri Bang Riki yang telah memberikan ilmunya di sini, banyak hal baru yang kita dapatkan setelah pelatihan tadi," pungkasnya. (rls/ra)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index