Bakar Tongkang 2017, Pemkab Buka Jalur Khusus Wisata Pulau Jemur

Bakar Tongkang 2017, Pemkab Buka Jalur Khusus Wisata Pulau Jemur

Riauaktual.com - Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) dan BUMD PD Sarana Pembangunan membuka jalur wisata "Tour Pulau Jemur". Trayek wisata ini dibuka dalam rangka memeriahkan even Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil.

"Trayek kita buka dan rencananya langsung PP dengan ongkos hanya 280 ribu rupiah," kata Sekda Rohil, H Surya Arfan, didampingi Kadisparpora H Ali Asfar, Rabu (7/6).

Dikatakan, pihak BUMD menggandeng KSO BUMD PD SPR. PT APL Batam untuk Kapal ferry yang akan digunakan. Nantinya kapal tersebut akan mampu menampung sebanyak 80 orang untuk setiap kali keberangkatan.

Pemkab Rohil juga sudah menyebarkan banner tentang program ini baik ke masyarakat maupun melalui media sosial, termasuk ke seluruh hotel-hotel yang ada di Bagansiapiapi.

"Salah satu yang efektif selaian Medsos juga setiap kamar-kamar hotel akan kita letakkan Banner sehingga informasinya sampai dan yang berminat bisa segera mendaftar," jelas sekda.

Untuk Wisata Pulau jemur masih mengedepankan sensasi keindahan alam yang merupakan Jamrud Selat Malaka dengan wisata Bahari yang sangat menawan.

Untuk keberangkatan sendiri jika memungkinan pada 8 Juni akan dimulai dan rencananya sampai dengan selesainya acara Bakar Tongkang.

Dia menambahkan, bahwa salah satu upaya promosi yang dilakukan ini sebagai bentuk promosi Pulau jemur kepada wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

"Mulai hari ini Bagansiapiapi sudah mulai ramai. Jadi sebelum itu kita bisa jalankan Tour Pulau Jemur ini dan kita serahkan ke BUMD untuk mengelolanya," tegasnya.

Sementara Direktur BUMD Rahmad Hidayat menyebutkan, masalah keberangkatan menunggu tiket terjual sehingga bisa diatur jadwalnya. Saat ini para pemesan tiket sudah mulai berdatangan baik yang menghubungi ke BUMD maupun dengan pihak lainnya.

Siapkan Jalur ke Malaysia

BUMD PD Sarana Pembangunan Rohil juga berencana menambah jalur transportasi Port Klang (Malaysia) – Pulau Jemur (Rokan Hilir). Tujuannya guna mempermudah akses wisata luar negeri menuju Pulau Jemur.

“Ini rencana kita setelah sukses jalur dari Bagansiapiapi-Pulau Jemur setiap akhir pekan. Barulah Jalur Port Klang ini kita buat dengan berbagai pihak,” kata Rahmat.

Pertimbangnnya adalah bahwa Pulau Jemur ternyata lebih dekat dari Port Klang, Selangor dibandingkan dari Bagansiapiapi sehingga menjadi peluang pengembangan wisata untuk wisata manca negara datang ke Pulau Jemur.

Rahmad menambahkan, saat ini kerja sama dengan Kapal dari Batam dibina dan diharapkan bisa berkelanjutan. Apalagi momen Bakar Tongkang memang banyak yang berminat ke Pulau Jemur yang merupakan gugusan Kepulauan Arwah tersebut.

Saat ini di Pulau Jemur, penangkaran Penyu sudah mulai dihidupkan kembali mengingat sulitnya tukik (anak penyu, red) bisa bertahan hidup dilaut lepas. "Jadi dibesarkan dulu jika sudah memungkinkan dilepas baru dilepas, kalau masih kecil khawatir dimakan ikan-ikan pemangsa," tegasnya.

Apalagi jika selama ini Tukik tersebut diatas normal oleh Penyu berdasarkan berbagai penelitian dari seribu Tukik hanya seekor saja yang bertahan hidup.(mcr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index