Bupati Inhil Instruksikan Dinkes Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2017

Bupati Inhil Instruksikan Dinkes Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2017
bupati inhil wardan

Riauaktual.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk bersiap dalam menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri Tahun 2017.

Kesiapan yang dimaksud, dilakukan dari segi penyediaan fasilitas kesehatan di beberapa rest area atau tempat peristirahatan mudik lebaran serta di sejumlah posko kesehatan yang secara khusus disediakan pihak Dinas Kesehatan.

"Tak hanya fasilitas, tenaga medis yang bertugas juga harus diterjunkan di rest area. Sebab, penyediaan tenaga dan fasilitas medis ini merupakan bagian dari pelayanan kesehatan kepada pemudik," ujar Bupati Wardan seperti keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (6/6/2017).

Menurut Bupati Wardan, kesiapan dari segi kesehatan juga diperuntukkan sebagai langkah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan mudik lebaran.

"Karena, tidak semua pemudik tahu dimana lokasi puskesmas, klinik bahkan Rumah Sakit terdekat saat dibutuhkan. Keberadaan puskesmas dan sebagainya juga belum tentu dekat dengan lokasi pemudik yang membutuhkan kala itu. Maka, ketersediaan fasilitas dan kesiapsiagaan tenaga medis begitu diperlukan," terang Bupati.

Menanggapi instruksi Bupati Inhil, HM Wardan, pihak Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Rahmi menyatakan, fasilitas dan tenaga medis telah dipersiapkan sejak beberapa waktu lalu pada awal masuknya Bulan Ramadhan.

"Tenaga medis telah disiap-siagakan di beberapa titik posko yang tersebar guna memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang membutuhkan pada saat melakukan perjalanan mudik lebaran dam arus balik tahun ini (2017, red)," ungkap Rahmi.

Selain di sejumlah posko yang telah ditetapkan, dikatakan Rahmi, tenaga medis juga dipersiapkan di Puskesmas yang berada di 20 (Dua Puluh) Kecamatan se - Kabupaten Inhil.

"UGD (Unit Gawat Darurat) di setiap Puskesmas tersebut juga disiagakan selama 24 (Dua Puluh Empat) jam dengan segala peralatan dan perlengkapan medis yang dimiliki," bebernya.

Maka itu, dikatakan Rahmi, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil senantiasa optimis arus mudik maupun arus balik lebaran para pemudik di tahun 2017 ini akan berjalan lancar, aman dan terkendali, terutama jika dilihat dari aspek medis yang telah dipersiapkan sejak jauh hari sebelumnya.

"Untuk seluruh Puskesmas di masing - masing Kecamatan telah dikoordinasikan untuk melaksanakan tugas ini. Jadi, tidak ada masalah untuk persiapan mudik lebaran tahun ini," tutup Rahmi. (kominfo/ahd)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index