RTRW Dibahas 12 Juni Mendatang, Pertemuan Awal Kemenhut Minta Laporan Data Untuk Dibahas Internal

RTRW Dibahas 12 Juni Mendatang, Pertemuan Awal Kemenhut Minta Laporan Data Untuk Dibahas Internal
gubri

Riauaktual.com - Presiden RI Joko Widodo telah mendedline Kementerian Kehutanan (Kemenhut) untuk menuntaskan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) dalam satu bulan mendatang.

Arahan Presiden itu pun sudah ditindaklanjuti pertemuan awal kemarin antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya termasuk Dirjend Planologi. Namun pertemuan awal itu, akan kembali ditindaklanjuti pada 12 Juni mendatang.

"Tanggal 12 nanti dibahas lagi. Bisa jadi ada kementerian lain ikut juga dalam pembahasan ini. Langkah ini menuju penyelesaian RTRW," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi, Selasa (6/6/17).

Menurut Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman ini, dirinya juga sempat mengikuti pembahasan RTRW tersebut. Dimana kesimpulan pada pertemuan awal, Pemprov Riau akan menyerahkan laporan data kepada Kementerian LHK, yang nantinya dibahas secara internal dulu. Kemudian, pembahasan dilanjutkan pada 12 Juni mendatang.

"Kesimpulan awal, Pemprov Riau menyerahkan data kepada LHK, nanti dibahas secara internal dulu. Berikutnya, tanggal 12 (Juni) nanti dibahas lagi," ungkap Andi.

Andi berharap, mekanisme yang sedang dijalani saat ini dapat berjalan seperti yang diharapkan. Dimana, dedline penyelesaian oleh Presiden, dalam satu bulan benar-benar sudah tuntas.

Meski demikian, Andi belum mau merincikan apakah hasil pertemuan berikutnya nanti akan mengeluarkan satu Surat Keputusan (SK) baru. Hal ini mengingat pada pertemuan antara Kemenhut dan Pemprov Riau ini tak lagi menyinggung TGHK pada 1984 atau pun TGHK pada 1996 yang sebelumnya sempat disahkan. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index