Bupati Kukuhkan Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Bakti 2017-2019

Bupati Kukuhkan Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Bakti 2017-2019

Riauaktual.com - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si melakukan Pengukuhan Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Bakti 2017-2019, pengukuhan Forum yang mewadahi berbagai solusi masalah anak tersebut dipusatkan di Aula Kantor Bupati, Selasa (6/5/2017).

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Wakapolres Meranti Kompol. Wawan, Kajari Meranti, Anggota DPRD Meranti Darwin Susandy, Asisten II Sekdakab. Meranti H. Anwar Zainal, Asisten III Sekdakab. Meranti H. T. Akhrial, Danramil, Kepala Dinas Sosial Drs. H. Asroruddin, Kepala Dinas/Badan Dilingkungan Pemkab. Meranti, Ketua MUI Meranti, Para Camat, Penggerak PKK, serta Tokoh Agama/Adat/Masyarakat.

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan sumpah yang dipimpin oleh Bupati Kepulauan Meranti yang dilanjutkan dengan pelepasan Balon dan Burung Merpati keudara oleh Bupati dan Forum Anak Meranti.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Meranti H. Asroruddin, mengatakan, Forum ini bertujuan untuk mengembangkan bakat anak sekaligus sebagai wadah penata sosial yang membahas berbagai masalah keluhan dan hak-hak anak dibawah 18 tahun.

H. Asroruddin berharap melalui Forum anak yang tediri dari perwakilan kelompok anak Se-Kabupaten Kepulauan Meranti itu dapat menampung aspirasi, suara dan keinginan anak,sehingga mampu mengembangkan bakatnya dalam mendukung poses pembangunan di Kepulauan Meranti.

Sekedar informasi Forum Anak yang baru saja dikukuhkan Bupati terdiri dari 23 orang pelajar tingkat SMP dan SMU sederajat Se-Kabupaten Kepulauan Meranti. Terpilih sebagai Ketua Forum Anak Cahya Bela Dina dan Sekretaris Dea Mirza.

Pada kesempatan itu Forum Anak juga menyampaikan pernyataan sikap yang diantaranya berisi Bebas Eksploitasi Anak, Forum Anak Mendukung Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Mendukung Pemberian Bantuan Kepada Masyarakat Miskin, Pemerataan Fasilitas Pendidikan, Mendukung Pembangunan Taman Bermain Ramah Anak dan Melestarikan Permainan Tradisional, Serta Hentikan Sikap Diskriminatif Terhadap Anak.

Sementara itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si sangat mengapresiasi adanya Forum Anak, menurutnya kegiatan rutin tahunan ini semakin hari semakin membanggakan, dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang berhasil diraih oleh anak-anak Meranti mulai dari TK hingga SMU yang tak terlepas dari peran Forum Anak itu sendiri.

Ditambah lagi, dengan semakin beratnya tantangan dan permasalan anak seperti meningkatnya intensitas kekerasan terhadap anak akhir-akhir ini. Namun demikian Bupati berharap peran serta orang tua tetap menjadi sesuatu yang penting sebab yang paling intens berinteraksi dengan anak adalah orang tua.

"Untuk itu saya harap orang tua, tokoh masyarakat, pemuda dan instansi pemerintah lainnya, dapat lebih memperhatikan masalah anak, dapat melalui sosialisasi bimbingan serta tausiah kepada ornag tua dan anak sehingga dapat menekan kasus kekerasan," ujar Bupati.

Selain itu juga Bupati menghimbau seluruh pejabat instansi pemerintah bahu-membahu membuat sistem perlindungan anak agar kasus kekerasan anak dapat ditekan secara signifikan dari waktu kewaktu.

Dihadapan Legislator dan Forkopimda Bupati mengungkapkan sistem pembinaan terhadap anak saat ini telah berhasil mencibtakan kreatifitas dan inovasi anak berkembang dengan baik dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang berhasil diraih. Namun ada satu hal yang sedikit terlupakan yakni bagaimana merubah cara berfikir anak yang sebelumnya bercita-cita ingin menjadi pejabat atau bekerja dipemerintahan menjadi anak-anak yang berjiwa interpreniur.

"Cara berfikir anak harus diperbaharui dari menjadi pejabat menjadi wira usaha dengan begitu kedepan tidak lagi banyak menganggur menunggu antrian jadi pegawai atau honorer, tapi bisa menjadi wiraswasta yang mampu membuka lapangan kerja sendiri," paparnya.

Menurutunya salah satu penyebab kemiskinan dan banyaknya pengangguran saat ini berkaitan erat dengan apa yang dilakukan anak ketika berusia dini untuk mengatasinya cara berfikir anak harus digeser dari sebelumnya bercita-cita jadi briokrat menjadi wira usaha. "Kedepan kepada SKPD terkait selain menggelar kegiatan yang telah eksis juga dapat disisipkan kegiatan untuk membangun mental kewirausahaan, agar kedepan anak-anak tamatan SMU tidak kagi berharap menjadi pegawia mauoun honor tetapi dapat membuka lapangan kerja sendiri," pungkasnya.

Akhir kata Bupati menaruh harapan besar kepada Forum Anak dapat memberikan contoh yang baik kepada anak-anak yang lain dengan begitu diyakini kedepan anak-anak Meranti dapat lebih maju lagi. (hms)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index