Dari 35 Prolegda, Baru Tiga Tuntas Dibahas Pemprov Riau dan DPRD

Dari 35 Prolegda, Baru Tiga Tuntas Dibahas Pemprov Riau dan DPRD
ilustrasi (int)

Riauaktual.com -  Dari 35 Program Legislasi Daerah (Prolegda) di 2017, sejauh ini baru tiga yang telah dituntaskan pembahasannya oleh Pemprov Riau bersama DPRD.

"Sedangkan selebihnya sedang tahap pembahasan dan konsultasi di kementerian terkait,"kataPlt Karo Hukum Setdaprov Riau, Elly Wardhani SH, Senin (5/6/17) di kantornya.

Dia mengatakan, dari 35 Program Legislasi Daerah (Prolegda) tersebut 19 diantaranya merupakan  inisiatif dari DPRD Riau. Kemudian, tujuh usulan dari Gubernur Riau dan enam Prolegda sisa tahun 2016 lalu.

"Dari 19 Ranperda inisiatif DPRD baru tiga yang tengah tahap konsultasi di kementerian. Salah satunya Ranperda Pedoman Pengakuan Keberadaan Masyarakat Hukum Adat (MHA), Kearifan Lokal dan Hak MHA yang terkait dengan perlindungan pengolahan lingkungan hidup, sedangkan untuk sisanya belum ada dibahas," bebernya

Sementara dari tujuh Ranperda usulan gubernur Riau, ‎lanjut Elly, empat diantaranya sudah disampaikan ke DPRD Riau. Sisanya tiga belum diusulka dan untuk tahapan atau jadwal pembahasannya semua tergantung Dewan Riau.

Sedangkan untuk Ranperda lanjutan tahun 2016, dari enam Ranperda hanya satu yang belum disampaikan, yakni Ranperda Penyelenggara Keolahragaan di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau tahun 2016, dan sisanya sudah disampaikan ke DPRD Riau.

Sementara untuk tiga Ranperda Komulatif Terbuka semuanya sudah selesai dibahas. Ada Ranperda APBD tahun 2017, Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Riau 2016 dan Perubahan APBD tahun anggara‎n 2017. (nur)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index