Keren, Begini Harusnya Ajarkan Anak Hemat dengan Menabung! Mulai dari Kumpulkan Kupon

Keren, Begini Harusnya Ajarkan Anak Hemat dengan Menabung! Mulai dari Kumpulkan Kupon
Pola asuh (Foto: Thebudgetdiet)

Riauaktual.com - Kebiasaan boros dan hemat seseorang dapat terbentuk dari pola asuh. Kebiasaan mereka tergantung dari cara orangtuanya melatih mereka tentang keuangan saat kecil.

Anak-anak dengan berbagai umur membutuhkan cara yang berbeda tentang hal ini. Simak triknya dilansir dari Parents, Senin (5/6/2017) berikut ini:

Usia 4-5 tahun

Untuk anak usia 4-5 tahun, Anda bisa mengajarinya berhemat dengan mengumpulkan kupon yang didapat dari katalog supermarket atau minimarket. Saat tiba di supermarket, berikan kuponnya kepada si kecil dan minta dia untuk membantu memeriksa barang apa saja yang sesuai dengan kupon yang dia pegang. Dia akan sangat senang karena merasa diberi tanggung jawab layaknya orang dewasa. Sambil mencari, Anda bisa membicarakan tentang konsep berhemat.

Usia 6-8 tahun

Di usia ini, Anda sudah bisa memperkenalkan konsep menabung di bank. Ajak dia pergi ke bank dan buatkan sebuah akun bank khusus anak-anak. Bawa dia setiap bulan untuk menabung di bank sehingga saldonya terus bertambah. Hal ini bagus untuk membentuk kebiasaan menabung pada anak-anak.

Usia 9-12 tahun

Pada usia ini, ajarkan tentang perbandingan suatu nilai barang. Bacakan label harga di toko, lihat ukuran dan harganya. Tapi saat membandingkan harga, pastikan Anda juga membandingkan kualitasnya. Jika bulan lalu Anda membeli tisu bermerek dengan harga yang cukup mahal, bulan selanjutnya Anda bisa membeli tisu yang lebih murah.

Kemudian diskusikan perbedaan nilai dan keputusan bersama si kecil, apakah kualitas tisu tersebut sepadan dengan harganya? Ini akan membantunya belajar tentang tanggung jawab, menetapkan nilai, dan membuat keputusan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index