8 Tips Sukses Berbisnis Online

8 Tips Sukses Berbisnis Online
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Kita berada di dunia yang terhubung hari ini. Internet, bersama dengan ponsel pintar, telah mengubah cara bisnis dilakukan. Berikut adalah beberapa cara untuk menjalankan bisnis online yang sukses.

1. Atur Aset Web Anda
Ini meluas lebih jauh dari sekadar mengatur bisnis Anda. Aset web Anda adalah segalanya dari situs web Anda hingga profil media sosial Anda ke akun hosting Anda. Ini perlu dilakukan secara teratur.

Semua aset yang relevan harus dioptimalkan untuk merek Anda. Misalnya, media sosial dan laman web Anda harus memiliki kata kunci yang relevan. Mereka harus masuk dalam rencana pemasaran terpadu. Dan mereka harus benar-benar diperbarui dengan informasi terbaru tentang perusahaan Anda.

2. Pertahankan Catatan Pelanggan Dengan Aman
Salah satu masalah yang dimiliki pemilik bisnis adalah mereka harus bisa menyimpan catatan dengan aman. Anda memiliki kewajiban hukum untuk melindungi informasi pelanggan yang diperoleh secara online. Misalnya, Anda harus menyimpan informasi tentang perangkat terpisah dan memiliki sejumlah backup yang aman.

Sistem Anda harus terus diperbarui dan kontrol harus dilaksanakan dan akses harus dibatasi hanya untuk karyawan tertentu.

Anda harus memiliki sistem untuk menghancurkan hal-hal seperti detil kartu kredit dengan aman saat tidak lagi dibutuhkan.

3. Apakah Anda Tahu Pesaing Anda?
Setiap bisnis yang baik akan tahu kompetisinya. Anda perlu tahu siapa pesaing Anda sehingga Anda tahu mengapa pelanggan memilih Anda daripada orang lain, atau sebaliknya. Tempat ini lebih penting daripada di dunia online.

Anda harus menyadari saluran media sosial yang digunakan pesaing Anda. Dan Anda harus memeriksa penggunaan kata kunci dari semua pesaing Anda dengan menggunakan berbagai alat yang disediakan Google.

4. Lindungi Reputasi Online Brand Anda
Bisnis online adalah semua tentang reputasi. Kesalahan sekecil apa pun bisa mencemari merek Anda selamanya. Kuncinya adalah kontrol. Siapkan pemberitahuan Google Alerts untuk merek Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa memeriksa penyebutan merek Anda.

Miliki panduan merek dan media sosial yang tegas, jadi siapa pun yang memposting atas nama merek Anda menyadari apa yang Anda harapkan darinya.

Belajarlah untuk menangani keluhan pelanggan dan menerapkan pola pikir untuk memecahkan masalah. Bahkan jika pelanggan salah.

5. Berinvestasi pada koneksi internet yang baik
Jika Anda online, Anda memerlukan koneksi internet yang baik. Terkadang, saya telah mengorbankan koneksi internet yang bagus, hanya untuk menyadari bahwa saya tidak dapat bertindak cepat atas perintah penting.

Tanpa koneksi internet yang cepat, Anda bisa kehilangan pesanan dan pertanyaan pelanggan. Singkatnya, bisnis Anda bisa lumpuh.

6. Tetap di Atas Tren Terbaru
Dunia online adalah salah satu yang terus berubah dan berkembang. Ini berkembang lebih cepat dari apapun yang akan Anda lihat di dunia nyata. Selanjutnya, Anda akan melihat tren media sosial terus berkembang setiap saat. Anda harus berada di atas ini sehingga Anda bisa berada di ujung tombak.

7. Jadilah Gigih
Beberapa bisnis menjadi kisah sukses semalam. Ini adalah sesuatu yang harus Anda terima jika Anda ingin memasuki dunia bisnis. Kegigihan akan berakhir pada akhirnya jika Anda terus melakukan semua hal yang benar. Anda harus konsisten dan tetap fokus pada tujuan Anda.

Apakah Anda tahu kebanyakan pemula membutuhkan waktu tiga sampai lima tahun sebelum mereka mulai menghasilkan keuntungan?

8. Tahu Kapan Menghubunginya Keluar
Terkadang sebuah ide akan gagal. Tantangan terbesar bagi pengusaha adalah mengetahui kapan sebuah ide gagal. Tidak ada gunanya mencoba menghidupkan kembali bebek mati. Jadi jangan takut untuk mengubah arah jika perlu.



Sumber : detik.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index