Diskes Ingatkan Pedagang Takjil Untuk Tidak Gunakan Zat Berbahaya

Diskes Ingatkan Pedagang Takjil Untuk Tidak Gunakan Zat Berbahaya
ilustrasi takjil (int)

Riauaktual.com -  Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menghimbau kepada masyarakat agar cerdas dalam membeli dan mengkonsumsi jajanan puasa yang dijual di pasar ramadhan.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Helda S Munir mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap jajanan yang dijual dipasar-pasar Ramadhan.

"Masyarakat harus cerdas dalam memilih jajanan yang dijual para pedagang pasar ramadhan. Jangan hanya tergiur dengan warna yang mencolok dan murah saja," ujarnya ketika dihubungi, Minggu (4/6/2017) melalui telpon seluler.

Menurut Helda, ketelitian dalam membeli jajanan ini untuk menghindari adanya makanan yang mengandung bahan berbahaya. Seperti pewarna tekstil atau boraks, dan sebagainya.

Helda juga menambahkan, bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan BPOM untuk melakukan pengecekan panganan takjil.

"Untuk takjil, kita bersama BPOM juga melakukan pemantauan dan pengecekan. Seperti beberapa waktu yang lalu dengan Walikota Pekanbaru di Jalan WR Supratman, namun sampai saat ini hasilnya masih negatif," sebutnya.

Helda juga meminta kepada pedagang takjil agar berjualan secara jujur dan tidak memanfaatkan zat-zat berbahaya. Sebab hal itu dapat merugikan dan bahkan mengancam kesehatan orang lain.

"Kita tidak melarang masyarakat untuk mencari berkah berjualan di bulan suci Ramadhan ini. Namun janganlah menggunakan zat-zat yang berbahaya. Karena efek yang ditimbulkan bukan saja saat ini, tetapi juga jangka panjang," paparnya.

Lebih jauh Helda berpesan agar masyarakat menjaga kesehatan selama Ramadan ini. Ditambah lagi, saat ini cuaca sedang tidak stabil.

“Istirahat yang cukup, olahraga yang biasanya pagi bisa diganti sore. Cukupi gizi, mengingat cuaca saat ini tidak menentu kadang panas kadang hujan,” tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index