Pemko Pekanbaru Optimis Terima Opini WTP Dari BPK RI

Pemko Pekanbaru Optimis Terima Opini WTP Dari BPK RI
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan

Riauaktual.com - Jika tak ada aral melintang, Juni mendatang Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) penggunaan anggaran dari BPK RI. Dalam laporan tersebut akan diketahui apakah Pekanbaru mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau tetap mempertahankan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) yang berturut-turut diterima.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD), Alek Kurniawan, ketika ditemui, Selasa (30/5/2017) diruang rapat Walikota, mengatakan bahwa pihaknya akan menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) penggunaan anggaran dari BPK RI pada awal Juni mrndatang.

"Rencananya pada 5 Juni mrndatang BPK akan serahkan hasil LHP-ke Pemko Pekanbaru," ujarnya.

Menurut Alek, sampaikan ini Pemko Pekanbaru terus melakukan pembenahan. Baik soal laporan keuangan hingga pencatatan aset.

"Kalau saya pribadi menilai, saat ini kita sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Meski demikian, apapun hasilnya tetap kita terima,” ungkapnya.

Meski sudah dilakukan pembenahan,Alek juga mengakui jika Pemko masih ada beberapa kelemahan yang perlu akan terus diperbaiki. Seperti pencatatan aset yang terkadang belum ada cocokan administrasi.

“Seperti aset kendaraan dinas, masih ada inventarisasi aset yang OPD tidak lengkap ketika ditanya BPK. Fisiknya ada namun administrasinya tidak ada. Demikian juga dengan pencatatan aset jalan yang di Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang menurut BPK masih belum cocok.  Ini Kelemahan masih sebatas administrasi. Tetapi kalau untuk temuan lain, seperti ada pengembalian uang ke kas daerah sampai saat ini belum ada," sebut Alek.

Ketika ditanya peluang Pekanbaru untuk mendapat opini WTP dari BPK? Alek mengaku dirinya masih tetap optimis.

"Kalau untuk opininya sampai sekarang kita belum tahu. Namun berharap WTP itu tentu ada, daerah lain bisa kenapa kita tidak," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index