9 Tips Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap Selama Berpuasa

9 Tips Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap Selama Berpuasa
ilustrasi bau mulut dan sariawan. (pixabay/Adinavoicu)

Riauaktual.com - Selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, masalah bau mulut adalah salah satu masalah klasik yang yang perlu  disiasati. Mulut yang berbau kurang sedap dapat mengganggu komunikasi. Selain itu juga, bau mulut terkadang membuat orang kurang percaya diri.

Berdasarkan penelitian, ternyata ada 4 penyebab bau mulut. Penyebab bau mulut diantaranya adalah :

- terdapat sisa makanan di dalam mulut yang diubah menjadi gas sulfur oleh bakteri.
- ketika menjalani puasa, produksi saliva atau air liur akan berkurang, kurangnya saliva ini   menyebabkan bakteri berkembang dengan sangat cepat di dalam     mulut.
- penyakit tertentu memang menyebabkan bau mulut. Pengidap diabetes atau maag cenderung mengeluarkan   bau mulut yang kurang sedap.

Alangkah nikmatnya apabila kita dapat berpuasa sekaligus terbebas dari bau tidak sedap mulut kita. Berikut ini adalah beberapa tips agar terhindar dari bau mulut selama berpuasa di bulan Ramadhan.

1. Usahakan minum air putih dengan cukup, kebutuhan minimal air putih adalah 8-10 gelas ketika sahur    dan berbuka. Dengan meminum air putih secara cukup, akan meningkatkan produksi saliva sehingga    dapat mencegah bau mulut.
    
2. Usahakan menggosok gigi dan lidah setelah makan sahut. Menggosok gigi setelah sahur dapat    membersihkan  mulut dari sisa-sisa makanan. Sisa makanan di mulut ini berpotensi menjadi busuk    dan menimbulkan bau tidak sedap.
    
3. Usahakan tidak memakan makanan yang berbau kurang sedap, seperti: petai, jengkol atau durian.
    
4. Usahakan tidak merokok atau paling tidak kurang merokok selama berpuasa.
    
5. Hindari makanan yang lengket menempel di gigi atau lidah. Makanan lengket akan susah dibersihkan    dan menempel lama di mulut, sisa makanan ini  berpotensi menebar bau busuk di siang hari. Makanan    lengket ini seperti : cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya.
    
6. Dapat menggunakan obat kumur setelah makan sahur agar mulut lebih bersih dari bakteri yang    merugikan.
    
7. Dapat juga menggunakan benang gigi (dental floss) agar sela-sela gigi lebih bersih dari sisa-sisa    makanan.
    
8. Usahakan melakukan olah raga ringan menjelang atau setelah berbuka puasa. Olah raga dapat    membantu melepaskan zat-zat beracun dari dalam tubuh termasuk yang menyebabkan bau mulut.
    
9. Hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang  yang terlalu lama selama berpuasa akan memicu    mulut yang tidak sedap.

Itulah  9 tips menghilangkan bau mulut yang tidak sedap selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index