Menhub: angkutan Lebaran siap 80 persen

Menhub: angkutan Lebaran siap 80 persen
(antara)

Riauaktual.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kesiapan angkutan Lebaran 2017 sudah mencapai 80 persen, berdasarkan hasil peninjauan dan koordinasi melalui teleconference dengan operator dan otoritas bandara, pelabuhan dan stasiun seluruh Indonesia.

"Koordinasi ini sifatnya kualitatif susah kita sebut berapa persen tapi paling tidak kita sudah menyentuh ke semua pelabuhan, bandara stasiun dan kereta api. Mengenai keharusan meningkatkan level keamanan itu kita harus meningkatkan karena itu harus dilakukan. Kira-kira sudah 80 persen siap," kata Budi usai menggelar teleconference di Jakarta, sebagaimana dikutip dari Antara, kemarin.  

Dalam percakapan melalui teleconference tersebut, Budi memeriksa kesiapan setiap operator serta kendala-kendala yang dihadapi menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Koordinasi tersebut melibatkan, di antaranya PT Kereta Api Indonesia, PT Angkasa Pura I dan II, PT Pelindo I, II, III dan IV, Kepala Bandara Unit Pelaksana Teknis, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan dan lainnya.

"Ini jadi suatu keharusan agar kita pastikan pesawat, kapal dan kereta api siap untuk dioperasikan setelah dilakukan ramp check (pemeriksaan kelaikan), maka tugas kita berikutnya adalah memantau kegiatan-kegiatan pada saat akan berangkat, " katanya.

Selain itu, ia juga meminta kepada pemerintah daerah dan Dinas Perhubungan untuk proaktif dalam menyukseskan masa Angkutan Lebaran 2017 ini.

Terkait keamanan di obyek vital transportasi, Budi meminta para operator untuk berkoordinasi secara aktif dengan TNI dan Polri dalam memperketat keamanan.

"Ada beberapa catatan dari kita semua, pertama keselamatan dan keamanan, saya menugaskan kepada Dirjen untuk meningkatkan keselamatan yang ada, oleh karenanya, dengan adanya kejadian teroris kemarin seperti di Kampung Melayu, saya meminta untuk bekerja sama dengan TNI dan Polri," katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index