Bupati Teken MoU Gerakan Menuju 100 Smart City

Bupati Teken MoU Gerakan Menuju 100 Smart City
launching gerakan menuju 100 kota smart city sekaligus penandatangan MoU

Riauaktual.com - Kabupaten Siak terpilih menjadi salah satu kandidat kota terpilih 2017. Pada launching gerakan menuju 100 kota smart city sekaligus penandatangan MoU diadakan di kota makasar Senin (22/5) kemarin.

Smart city atau kota pintar adalah suatu upaya untuk menciptakan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Hal ini di sampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rukdu Antara dalam sambutan lewat via rekaman dihadapan para peserta.

Penandatangan MoU ini ditandatangani langsung oleh 25 Kabupaten/kota se-Indonesia yang salah satunya dari Kabupaten Siak. Lounching dan penandatangan MoU ini langsung di ikuti oleh Bupati Siak Drs H Syamsuar.

Sebagaimana diketahui, dua puluh assesor yang terdiri dari para akademisi, pemerintahan, dan praktisi TI melakukan assesment dengan metode wawancara. Dari hasil assesment ini kemudian dipilih 25 kota/kabupaten yang akan mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City.

Adapun kabupaten/kota yang masuk daftar 25 tersebut diantaranya, Kota Jambi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Banyuasin, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Purwakarta, Kota Bandung,  Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kabupaten Sleman, Kota Semarang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Badung, Kota Singkawang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Makassar, Kota Tomohon, dan Kabupaten Mimika.     

Penandatanganan MoU antara Kemkominfo dengan daerah tentang implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City serta sosialisasi/workshop gerakan tersebut merupakan agenda utama dalam kegiatan ini.

Target KemKominfo tahun 2017 ini sebanyak 25 kota/kabupaten, selanjutnya 50 pada tahun 2018, dan 25 pada tahun 2019. Diharapkan pada tahun 2019 terdapat 100 kota/kabupaten yang menjadi role model dalam implemntasi program smart city.

Program ini ditujukan untuk memperkuat peran ICT sebagai enabler di semua pilar smart city dalam menciptakan ekosistem smart city, khususnya pada sektor strategis yang dimiliki oleh masing-masing daerah

Pelaksanaan kegiatan ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut penerapan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika yaitu salah satu fungsi organisasi perangkat daerah (OPD) di bidang komunikasi dan informatika yaitu menyelenggarakan sistem informasi smart city. Dengan demikian diharapkan peran seluruh OPD bidang komunikasi dan informatika di seluruh kota/kabupaten sebagai leading sector dalam mengimplementasikan smart city.

Kegiatan ini di taja oleh Kemkominfo bekerja sama dengan Kemendagri, Kementerian PAN & RB, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PU & PR, Kantor Staf Presiden serta Kompas Gramedia menyelenggarakan Gerakan Menuju 100 Smart City ini. (jas/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index