Sekda Pimpin Upacara Harkitnas dan Hari Pancasila

Sekda Pimpin Upacara Harkitnas dan Hari Pancasila
Sekda Pimpin Upacara Harkitnas dan Hari Pancasila

Riauaktual.com - Bertempat di halaman Kantor Bupati Siak, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak H T Said Hamzah pimpin upacara hari Kebangkitan Nasional ke–109 dan Hari lahirnya Pancasila tahun 2017, Senin (22/5).

"Betapa tak mudahnya para pendahulu merajut angan ke-Indonesiaan saat itu, ketika infrastruktur transportasi dan komunikasi masih terbatas, ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran keindonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat," ujar Tengku Said Hamzah membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara.

Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 109, Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengatakan, diawal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan disemua bidang pembangunan. Sejak awal  dalam program Nawacita yang disusun pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi.

Pemerataan pembangunan antar wilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Berlatar belakang pemikiran tersebut, maka kiranya tema "Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan nasional' adalah pesan yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan Melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa.

Pada kesempatan yang khidmat ini pula, juga diperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Atas nama Pemerintah Daerah, Tengku Said Hamzah mengajak pada semua unsur untuk senantiasa menghayati, meresapi, dan menghadirkan setiap butir-butir nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam setiap jiwa-jiwa kita, khususnya selaku abdi negara dan abdi masyarakat.

"Mari bersama-sama kita hadirkan nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai musyawarah, serta nilai keadilan sebagai falsafah, dalam setiap rekam jejak pembangunan dan pengabdian kita kepada bangsa, negara, maupun khususnya kepada daerah yang kita cintai," pungkasnya.(jas)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index