Keberadaan aset Pemkab Bengkalis simpang siur, BPKAD perintahkan OPD lakukan pendataan

Keberadaan aset Pemkab Bengkalis simpang siur, BPKAD perintahkan OPD lakukan pendataan
Bustami HY

Riauaktual.com - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkalis Bustamy HY, menyebut, bahwasanya BPKAD tengah melakukan pendataan ulang aset milik pemerintah daerah Bengkalis yang saat ini terkesan belum valid.

"Jumlah aset milik Pemkab Bengkalis baik aset bergerak maupun yang tidak bergerak masih simpang siur. Saat ini sedang dilakukan pendataan ulang sehingga nantinya diketahui di hapus apa belum,” kata Bustami HY saat dihubungi Minggu 21 Mei 2017.

Ia menjelaskan, untuk mendata ulang aset milik pemkab Bengkalis tersebut. Pihaknya menyurati setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Bengkalis guna secepat membentuk tim pendataan aset disetiap OPD.

“Apabila disetiap OPD sudah mendata kembali asetnya. Nantinya akan terlihat aset ada tidak. Misalnya, yang rusak ataupun sudah tidak bernilai ekonomis,” ungkap Bustamy HY mencontohkan.

Bustamy HY juga mengatakan, setiap OPD harus melakukan inventarisir setiap aset yang ada, termasuk menyampaikan usulan terkait aset yang akan dilakukan penghapusan.

“Target kita dalam waktu 2 tahun kedepan mendata aset disetiap OPD milik Pemkab Bengkalis tuntas,” katanya.

Ia menambahkan dari OPD lingkup Pemkab Bengkalis yang ada. Baru sekitar 3 OPD yang sudah membentuk tim pendataan aset tersebut.

"OPD yang telah menerima surat dari BKPAD agar secepatnya melakukan pendataan aset. Tim terbentuk itu diminta agar teliti dalam melakukan mendata aset karena ada di OPD hingga dua kali mencatat aset yang sama,” imbuh Bustami HY.

Selain itu ia juga berharap setiap pimpinan OPD memiliki program pengelolaan aset dalam hal ini sebagai Pengguna Anggaran (PA) selaku Pengguna Barang di OPD tersebut. (put)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index