Kadis Ketahanan Pangan H Syahmanar S Umar menyerahkan bantuan rumah bibit dan Sarana Produksi Pangan kepada Kelompok Wanita di Rumbai

DKP Pekanbaru Semakin Gencar Lakukan Pembinaan Kelompok Wanita

Jumat,19 Mei 2017 - 09:40:47 WIB Di Baca : 3664 Kali

Riauaktual.com - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru semakin gencar melaksanakan pembinaan terhadap kelompok wanita di Pekanbaru, pembinaan dilakukan melalui sosialisasi pembekalan hingga penyerahan bantuan sarana produksi pangan kepada kelompok wanita di berbagai kecamatan di Pekanbaru.

Seperti halnya, Kamis kemarin, Dinas Ketahanan Pangan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas H Syahmanar S Umar bersama Sekdis Hj Bestina, Kabid Konsumsi dan Ketahanan Pangan Abdul Jalil, para  Kasi serta para staf, mengelar acara penyerahan rumah bibit dan bantuan sarana produksi (saprodi), kepada empat kelompok Wanita di Kecamatan Rumbai dan Rumbai pesisir yang dipusatkan di Kelompok Wanita Maju Wisata di kelurahan Agrowisata Rumbai.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dinas Pertanian Kota Pekanbaru, pihak kecamatan Rumbai dan Rumbai pesisir, serta Lurah setempat.

Kepala Dinas ketahanan Pangan Kota Pekanbaru H Syahmanar S Umar, menjelaskan bahwa kegiatan  Pembinaan Kawasan Rumah Pangan lestasi (KRPL) tersebut merupakan program unggulan Ketahanan Pangan secara nasional.

"Program ini kita buat untuk memotivasi masyarakat  mengoptimalkan lahan pekarangan, sehingga kebutuhan pangan  dan gizi keluarga bisa terpenuhi dengan cara yang sangat sederhana. Itulah yang disebut ketahanan pangan , terpenuhinya kebutuhan pangan semua keluarga," ungkap Kadis yang didampingi Kabid Abdul Jalil dan Kasi  Konsumsi Pangan  Hj Dayana dan Dewi Sri Rezeki.

Ditambahkan Syahmanar bahwa dalam kesempatan itu, DKP menyerahkan bantuan rumah bibit dan sarana produski berupa benih tanaman, holtikura, pupuk dan fasilitas lainnya kepada empat kelompok wanita yaitu, KW Seroja Kelurahan Maharani Kec Rumbai, KW Maju Wisata Kelurahan Agro Wisata  kec Rumai, KW Abrokah Kelurahan Limbah Sari kec Rumbai Pesisir, dan KW Sunkis Kelurahan Limbungan Rumbai Pesisir, dimana bantuan tersebut bersumber dari APBD Kota Pekanbaru.

“Kegiatan KRPL ini program unggulan DKP dari pusat sampai daerah, sebagai cara untuk mengajak masyarakat mencukupi kebutuhan pangan  dengan cara yang sederhana tetapi mampu menjadi sumber kebutuhan dasar,Kegiatan KRPL sudah berjalan sejak tahun 2014, yang diharapkan manjdi agen informasi dan pengetahuan serta wawasan bagi masyarakat luas dalam pemanfaatan  lahan pekarangan,’’ ulas Syahmanar.
 

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...