ilustrasi gambut

Pemprov Riau Dukung Pengelolaan Gambut

Jumat,19 Mei 2017 - 09:33:27 WIB | Di Baca : 1771 Kali

Riauaktual.com - Kawasan gambut memiliki peran substansi di alam. Pengelolaan yang proporsional dan ramah lingkungan berdampak positif dalam upaya mengeliminir dampak kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

Komitmen itu bersinergi denga komitmen Badan Restorasi Gambut (BRG) dalam pengelolaan ekologi tersebut.

Dalam implementasinya Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menilai hal tersebut diperlukan untuk meningkatkan peran gambut dala kelestarian lingkungan.

Ia juga mendukung penuh upaya dari BRG dala pengembangan dan pengelolaan kawasan gambut di Riau. Ia menilai, dengan dijadikannya Indonesia sebagai tuan rumah, berdampak besar untuk lebih kembali menjaga ekosistem gambut.

"Langkah BRG tentun kita suport. Apalagi kita mendapatkan kehormatan dan termotivasi untuk menjaga ekosistem gambut dengan adanya acara ini. Dari dulu Riau terkesan melakukan pembiaran terhadap gambut. Tapi sekarang lima tahun terakhir banyak pihak yang memperhatikan. Banyak hal pos yang didapat dengan pengelolaan gambut," imbuhnya, sebagaimana dikutip dari mcr, hari ini.

Hijazi menilai, kesempatan ini merupakan peluang untuk tingkatkan produktivitas lahan gambut. Untuk itu, pengembangan program retestorasi diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Selai itu dalam implementasinya, juga diharapkan dapat erdampak penuh bagi kesejahteraan masyarakat. Sehingg juga berperan dalam memberikan nilai edukasi lingkungan ke masyarakat.

Sementara itu Kepala BRG Nazir Foead mengatakan, pengelola gambut memang terus dimaksimalkan. Sementara untuk dipilihnya Kabupaten Siak karena selama ini dinilai peduli terhadap keberadaan lahan gambut.

Langkah tersebut tambahnya juga telah berdampak positif, seperti dengan memaksimalkan peran kanal bloking. Ini terlihat dari semakin berkurangnya karlahut dari tahun ke tahun.

Hal ini dilakukan sebagai tindaklanjut Indonesia yang mendapat kehormatan dari dunia internasional. Ini dilakukan untuk perhatian terhadap lahan bergambut dengan dijadikan tuan rumah dalam pertemuan internasional ke-2 Global Pelatlands initiative (GPI).

Share Tweet Google +
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Berita TerkaitIndex