ilustrasi penangkapan gepeng

Sebelum Jumlahnya Semakin Banyak, DPRD Minta Penertiban Pengemis Gencar Dilakukan Sebelum Ramadan

Kamis,18 Mei 2017 - 11:49:46 WIB | Di Baca : 2266 Kali

Riauaktual.com - Menjelang bulan suci ramadan kalangan di DPRD Pekanbaru mendesak pemerintah setempat harus kerja ekstra dalam membersihkan para pengimis. Mengingat tahun tahun sebelumnya, setiap bulan puasa pengemis marak.

Oleh sebab itu, Legislatif meminta Pemerintah Pekanbaru khususnya dinas sosial, satpol pp membersihkan dari sekarang. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga, Kamis (18/5/2017).

Selain itu, Romi juga meminta Dinas Sosial untuk melakukan pendataan pengemis yang berasal dari Pekanbaru sendiri, sehingga bisa dilakukan pembinaan dan pemberdayaan agar meninggalkan kebiasaannya meminta belas kasihan orang lain untuk mendapatkan uang.

"Harus bertindak melakukan penertiban dari sekarang, agar jumlah pengemis tidak bertambah banyak. Jangan menunggu bertambah banyak saat masuk bulan Ramadan baru ditertibkan. Kalau pengemis itu berasal dari Pekanbaru lakukan pembinaan, kalau dari luar daerah dibina dan sebaiknya dipulangkan," kata Romi.

Politisi PDIP ini juga menyampaikan, pengemis telah menjadi persoalan yang belum bisa tertangani. Terlebih lagi setiap bulan Ramadan tiba, jumlahnya lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Keberadaan pengemis mengesankan Kota Pekanbaru kumuh dan kerap menggangu ketertiban umum. Untuk itu, perlu langkah cepat dari Pemko agar sebelum masuk bulan Ramadan pengemis yang ada sudah mulai ditertibkan, agar menjadi pelajaran bagi pengemis musiman yang sering muncul hanya pada bulan Ramadan saja.

"Pastinya penanganan pengemis harus terencana baik. Rencana jangka pendek dengan pembinaan dan penertiban, kemudian jangka panjang dengan pemberdayaan masyarakat. Karena untuk mengubah perilaku pengemis tidak bisa instan, dan harus bertahap," pungkasnya. (DWI)

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com