Isu Minahasa Merdeka ancaman serius

Isu Minahasa Merdeka ancaman serius
spanduk

Riauaktual.com - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais menyatakan keinginan sebagian masyarakat Minahasa untuk merdeka adalah ancaman serius.

"Pernyataan merdeka itu bukan pernyataan anekdot, itu pernyataan serius, apalagi ini dikaitkan dengan peristiwa politik yang ada di Jakarta maupun kunjungan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pekan lalu," kata Hanafi di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/05/2017).

Oleh karena itu, ia meminta aparat untuk mengusut siapa aktor di balik keinginan Minahasa Merdeka itu.

"Mustinya ditelusuri oleh aparat penegak hukum maupun intelijen, siapa aktor di balik ini, yang menggunakan momentum untuk berbuat makar terhadap negara dengan memisahkan diri dari Indonesia," kata politisi PAN itu.

Ancaman serius terkait Minahasa Merdeka, sambungnya, bisa dilihat saat Yogyakarta mau merdeka kalau UU Keistimewaan Yogyakarta dibatalkan.

"Itu persoalan serius. Jadi jangan dianggap sekadar luapan anekdot, luapan sementara, tapi itu harus diseriiusi, siapa orangnya, apa lembaganya, siapa yang mendanai," ujar anak Amies Rais itu, sebagaimana dikutip dari rimanews.

"Kalau ada anasir-anasir yang mengatakan mau merdeka, itu harus ditelisik secara seirus. Jangan dianggap angin lalu, karena potensi separatisme muncul dari yang kecil-kecil semacam itu. Kalau ini dibiarkan nanti dibaca oleh orang, oh pemerintah Indonesia ini gampang meminggirkan isu," sambungnya.

Bahkan, katanya, apabila isu Minahasa Merdeka dibiarkan, akan ada pihak-pihak yang memanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index