BAZNas Siak Salurkan Zakat

Syamsuar: Zakat Dapat Memberdayakan Ekonomi Umat

Syamsuar: Zakat Dapat Memberdayakan Ekonomi Umat
Bupati Siak Syamsuar menyerahkan zakat kepada kaum duafa di mesjid Mukhlisin, Kecamatan Tualang Perawang Barat

Riauaktual.com - Tingginya kesadaran masyarakat Kabupaten Siak dalam membayar zakat dibuktikan dengan terkumpulnya uang zakat yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Siak priode bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2017 yang mencapai Rp5 milyar lebih.

Sedangkan target BAZNas Kabupaten Siak pada tahun ini mencapai 11 milyar. Sementara Kecamatan tualang merupakan daerah terakhir tahap pertama dalam penyaluran zakat yang dilakukan BASNas Kabupaten Siak.

"Selama ini memang kita telah banyak menyalurkan zakat, untuk kaum duafa baik zakat produktif maupun zakat kosuntif. Khusus untuk zakat produktif diharapkan adanya pendampingan. Sebab jika terjadi persoalan-persoalan dalam pengelolaan uang bantuan tersebut, bisa diatasi secepatnya," kata Bupati Siak Syamsuar saat memberikan kata sambutan dalam acara penyaluran zakat kepada kaum duafa di mesjid Mukhlisin, Kecamatan Tualang Perawang Barat, Senin kemarin.

Syam menambahkan, Kabupaten Siak masih peringkat teratas dalam pengumpulan zakat terbesar di Riau. Kesadaran masyarakat dalam mengeluarkan zakat dinilai cukup tinggi.

"Hendaknya semangat ini terus dijaga dan para ustaz dan ulama hendaknya menyampaikan ceramah dengan tema tentang zakat, agar masyarakat paham dan mengerti bahwa penyaluran zakat itu yang baik melalui Amil zakat, karena terkoordinasi dan tepat sasaran," ujarnya.

Diakatakan bupati, saat ini di setiap kecamatan telah terbentuk UPZ. Diharapkan lembaga ini berfungsi dengan baik dalam mengumpulkan infaq dan sedekah.

Dia juga menyebutkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan membentuk Unit Pengumpul Zakat di setiap mesjid yang ada di Kabupaten Siak. Tujuannya agar lebih mempermudah masyarakat dalam menyalurkan zakatnya.

Sementara itu Ketua Badan Amil Zakat Kabupaten Siak Muhammad Rasyid Suharto mengatakan, untuk tahun ini di tahap pertama pembagian zakat semuanya berjumlah Rp2,4 Milyar. Dan Kecamatan tualang menjadi daerah terakhir di tahap pertama tempat pendistribusian zakat. Untuk tahap kedua penyalurannya dilakukan pada bulan suci ramadhan akan datang sejalan dengan safari ramadhan bupati siak.

Rasyid menjelaskan penyaluran zakat yang akan di serahkan kepada kaum duafa saat ini adalah kusus Zakat produktif dan zakat kosuntif yang totalnya berjumlah 133 kepala keluarga. Dengan keterangan zakat produktif di bagikan kepada umat muslim yang membutuhkan modal usaha kecil, sedangkan zakat produtif diberikan kepada masyarakat yang yang kurang mampu atau kaum duafa yang nada di Kecamatan Tualang Perawang.

"Bantuan tersebut jumlahnya bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha yang akan dibantu, dengan total dana yang akan di bagikan berjumlah 170 juta untuk tahap pertama tahun 2017. Kepada masyarakat tualang yang memiliki kelebihaan harta agar mengeluarkan sedikit hartanya untuk membantu masyarakat yang ekonominya kurang beruntung dan dengan zakat yang bapak atau ibu berikan dapat memberdayakan ekonomi umat," terang rasyid. (jas/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index