Dewan di Pekanbaru Minta Instansi Terkait Antisipasi Permainan Harga Dipasaran Jelang Ramadan

Dewan di Pekanbaru Minta Instansi Terkait Antisipasi Permainan Harga Dipasaran Jelang Ramadan
ilustrasi

Riauaktual.com - Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi, mengungkapkan permainan harga bahan kebutuhan pokok oleh sejumlah oknum menjelang bulan Ramadan, sering terjadi. Untuk itu Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui instansi terkait diminta memperhatikan dan mengantisipasi kondisi tersebut.

Azwendi juga menyebutkan kenaikan harga ataupun kelangkaan barang di sejumlah pasar pada saat bulan puasa terjadi bukan hanya karena tingginya tingkat permintaan. Kenaikan harga terkadang terjadi karena adanya spekulan ataupun oknum yang melakukan penimbunan sembako.

"Ini yang harus diwaspadai penimbun sembako menjelang bulan puasa nanti. Karena biasanya sering terjadi," ujarnya kepada wartawan, Senin (15/5/2017).

Dikatakan Politisi Demokrat ini, harus ada tindakan tegas dari pemerintah setempat dalam hal ini melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga tidak ada yang memanfaatkan situasi disaat hari besar ke agamaan seperti ini.

"Ditindak tegas saja bagi oknum spekulan yang melakukan penimbunan sembako ini. Karena pasti akan merugikan pemerintah dan juga masyarakat. Harus ada efek jera dalam mengatasinya," tegasnya.

Perlu juga kata Azwendi, untuk memperkuat pengawasan, disamping pihak polisi sudah mewanti-wanti,  pihak Disperindag, perlu menurunkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar dapat bahu- membahu melakukan pengawasan.

"Tentunya ini untuk memperkuat antisipasi kalau semua pihak melakukan pengawasan, guna meminimalisasi upaya pelanggaran yang bisa saja dilakukan oleh oknum pelaku pasar seenaknya dalam memainkan harga," cetusnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index