Ketahui Bahaya di Balik Motor Sering Diisi Bensin Eceran

Ketahui Bahaya di Balik Motor Sering Diisi Bensin Eceran
Bensin eceran

Riauaktual.com - Antrean yang panjang dan jauhnya lokasi stasiun pengisian bahan bakar umum, biasanya membuat para pengendara sepeda motor memilih mengisi bahan bakar di tempat-tempat eceran. Meski bensin eceran dibanderol dengan harga lebih mahal, sampai saat ini tak pernah sepi peminat. Apalagi letaknya di pinggir jalan dan mudah dijangkau.

Namun, masih banyak yang tak paham jika mengisi bahan bakar dengan bensin eceran juga memiliki efek buruk bagi sepeda motor. Menurut Kepala Mekanik Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Depok, Jawa Barat, Stanley Sibuea, efek buruk mengisi eceran yaitu merusak pompa bensin.

"Kalau sering mengisi bensin yang di pinggir jalan (eceran) lama kelamaan bisa merusak pompa bensin," kata Stanley sebagaimana dikutip dari VIVA.co.id di Jakarta, hari ini.

Rusaknya pompa bensin karena kandungan bahan bakar yang dijual eceran tak terjamin kebersihannya. Meski tak merusak mesin secara langsung, namun kebiasaan mengisi bensin eceran akan merusak motor jenis injeksi. "Makanya kalau motor injeksi pakai bahan bakarnya yang bagus, yang disarankan pabrikan pakai bensin oktan tinggi, disesuaikan dengan pabrikan,"  ujarnya.

Dia mengatakan, jika pompa bensin sudah mulai bermasalah, untuk pengecekannya membutuhkan ongkos cukup mahal, yakni sekitar Rp500 ribu. "Ya kalau sampai pompa bensin rusak, harus ganti. Daripada harus mengeluarkan biaya mahal, lebih baik pakai bensin sesuai peruntukan motor," katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index