Tak Disangka, Usaha Telur Asin Bisa Raup Rp10 Juta per Bulan

Tak Disangka, Usaha Telur Asin Bisa Raup Rp10 Juta per Bulan
ilustrasi telur asin

Riauaktul.com - Satu keluarga di Wonogiri, Jawa Tengah, mampu menghasilkan uang jutaan rupiah per bulan hanya dari berternak dua ratus ekor bebek. Pendapatan keluarga ini meningkat drastis setelah telur-telur yang dihasilkan dari bebek mereka diasinkan.

Bebek-bebek petelur ini, menjadi berkah tersendiri bagi Arbak Royan. Setiap minggu, ternak peliharaan warga Desa Sedayu, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, ini mampu menghasilkan sedikitnya seribu butir telur.

Tak banyak hasilnya jika telur-telur tersebut dijual mentah yang harganya hanya Rp1.300 per butir. Untuk menyiasatinya, keluarga Arbak pun membuat telur asin.

Dari usaha telur asin ini, keluarga Arbak Royan memperoleh pendapatan tak kurang dari Rp10 juta per bulan.

Prospektif usaha telur asin ini pun menarik minat para ibu PKK di desa setempat. Mereka datang ke rumah Arbak Royan untuk belajar membuat telur asin.

Saat ini di Desa Sedayu, Kecamatan Slogohimo, sedikitnya sudah ada tujuh keluarga yang merintis usaha pembuatan telur asin. “Sentra usaha telur asin ini, mendapat pendampingan dari program keluarga harapan (PKH) yang dicanangkan Kementerian Sosial,” ujar Arbak, sebagaimana dikutip dari okezone.com.

Cara membuat telur asin ini sangat mudah, telur yang telah dicuci bersih, dilumuri (dibungkus) adonan bubuk bata merah yang dicampur garam. Semakin lama disimpan, rasa asin telur semakin terasa tetapi proses penyimpanan ini biasanya dilakukan selama seminggu

“Langkah terakhir, dilakukan proses pengukusan dan telur asin siap dipasarkan,” ujarnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index