Dilantik Presiden, Wan Thamrin Resmi Jadi Wakil Gubernur Riau

Dilantik Presiden, Wan Thamrin Resmi Jadi Wakil Gubernur Riau
pelantikan (rtc)

Riauaktual.com - Setelah beberapa tahun posisi wakil gubernur dikosongkan, akhirnya hari ini posisi tersebut terisi juga setelah hari ini, Jumat (12/5/17) Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau di Istana Negara, Jakarta.

Prosesi pelantikan itu sendiri dilakukan pada pukul 16.00 WIB. Pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan presiden pengangkatan para kepala daerah dan wakil kepala daerah oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara.

Sebelum melakukan pelantikan, Presiden terlebih dahulu petikan keputusan Presiden kepada masing-masing Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih di Istana Merdeka. Setelah melalui dua agenda tersebut, pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Dalam pengambilan sumpah, Presiden Jokowi menuntun para kepala daerah yang dilantik untuk mengikuti sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD tahun 1945," kata Presiden yang diikuti oleh Kepala Daerah yang dilantik.

"Dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurusnya-selurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," lanjutnya.

Setelah diambil sumpah jabatan, satu per satu dari Gubernur dan Wakil Gubernur menandatangani berita acara pelantikan di depan Kepala Negara.

Dalam acara pelantikan tersebut dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Kapolda Riau Zulkarnain, Danrem dan Sekda Riau Ahmad Hijazi dan pejabat Pemprov Riau lainnya.

Selain pelantikan Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin, Presiden Jokowi juga melantik Gubernur Banten, Gorontalo, Sulbar, Bangka Belirung, Papua Barat.



Sumber : riauterkini.com
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index