Pastikan Data Honor Daerah Valid, Disdik Riau Gandeng Inspektorat

Pastikan Data Honor Daerah Valid, Disdik Riau Gandeng Inspektorat
kamsol

Riauaktual.com - Tidak ingin terjadi kesalahan dalam mengeluarkan keputusan terkait kevalitan data Guru Honor Daerah dan Guru Honor Komite, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau melibatkan Inspektorat untuk memverifikasi faktual hasil entri data yang dikirim oleh sekolah-sekolah.

Sejauh ini, sempat ada informasi bahwa nama-nama yang dientri tidak sesuai ketentuan. Dimana, ada guru yang belum memenuhi jam mengajar minimal 24 jam seminggu tapi masuk dalam data honor daerah atau honor komite. Sementara, yang memenuhi jam mengajar minimal justru tak masuk data.

Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr H Kamsol mejelaskan, adanya nama guru yang masuk dalam data honor daerah padahal belum memenuhi syarat bukan kesengajaan dari pihaknya. Karena, yang mengentri nama guru adalah pihak sekolah langsung.

“Pihak sekolah langsung yang mengentri nama-nama honor daerah dan guru komite di tempatnya masing-masing. Karena mereka yang mengerti mana guru yang memenuhi syarat atau belum,” sebutnya, sebagaimana dikutip dari Mc Riau, hari ini.

Untuk itulah, guna menghindari adanya permainan dalam proses entri, Disdik menerjunkan tim verifikasi faktual. Data-data yang sudah masuk bakal ditelaah lagi apakah sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Guru yang merasa memenuhi syarat tapi namanya tak masuk dalam data juga dapat memberi informasi kepada tim verifikasi faktual. Sehingga, jika ada kesalahan, tim dapat mengklarifikasi dan membuat data yang akurat.

Sementara itu, ditanya apakah proses pendataan ada potensi intervensi dari pihak tertentu, Kamsol menegaskan tidak ada. Karena sudah ada persyaratan yang harus menjadi acuan. "Jadi selama tidak sesuai dengan persyaratan, maka seseorang tak akan bisa masuk dalam data," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index