Disdukcapil Pekanbaru Berikan Layanan Kependudukan Gratis Kepada Masyarakat

Disdukcapil Pekanbaru Berikan Layanan Kependudukan Gratis Kepada Masyarakat
Suasana Pemberian Layanan Kependudukan Gratis Kepada Masyarakat

Riauaktual.com - Sebagai upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Rabu(10/5), memberikan layanan kependudukan gratis di Kecamatan Payung Sekaki.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Baharuddin menyebutkan bahwa, layanan gratis ini merupakan program Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk percepatan administrasi kependudukan.

"Kita layani Akta Kelahiran, Akta Kematian dan adminitrasi kependudukan lainnya," kata Baharuddin.

Bahar menambahkan, dengan program ini Disdukcapil akan mobile ke kecamatan sembari mensosialisasikan kepada masyarakat untuk segera mengurus administrasi kependudukan.

"Ini Program tahunan kita yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak mengurus surat-surat," kata dia.

Diakuinya, ada kebiasaan masyarakat mengurus administrasi seperti akte kelahiran di saat penerimaan siswa baru. Padahal untuk kepengurusan akte kelahiran bisa dilakukan jauh hari.

"Seperti sekarang ini, akan ada pembukaan masuk murid baru. Akte kelahiran itu pasti dibutuhkan. Jadi dengan adanya layanan kita masyarakat tidak‎ repot lagi dalam pergi jauh-jauh ke Disdukcapil," jelasnya.

Ditempat yang sama, Camat Payung Sekaki, Zarman Candra berharap, agar masyarakat yang ada di Kecamatan Payung Sekaki bisa manfaatkan pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kota Pekanbaru. Kata dia, sebelumnya pihaknya telah menginformasikan kepada tujuh kelurahan yang ada Kecamatan Payung Sekaki bahwa hari ini akan ada layanan mobile gratis dari Disdukcapil.

"Animo masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukannya cukup ramai, tercatat baru pukul 10 sudah ada puluhan warga yang mengajukan berkas ke stand Disdukcapil," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index