Bupati Minta APDESI Jadi Wadah Komunikasi Pemerintah Desa

Bupati Minta APDESI Jadi Wadah Komunikasi Pemerintah Desa
Bupati Pelalawan, HM. Harris, saat membuka musyawarah cabang APDESI 2017 di Pangkalankerinci

Riauaktual.com - Bupati Pelalawan H.M. Harris membuka Musyawarah Cabang Asosiasi Pemerintah Desa (APDESI) Kabupaten Pelalawan di Grand Hotel Pangkalan Kerinci, Selasa (09/05).

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan HM. Harris mengatakan dengan dibentuknya APDESI bertujuan untuk menghindari perangkat desa dikecamatan, kelurahan hingga desa dari kesalahan aturan hukum. Bentuk pengawasan kepada kepala desa, serta mencari solusi dari permasalahan yang ditemukan dilapangan serta sebagai wadah komunikasi antar desa.

Bupati juga mengingatkan perangkat Kecamatan, Lurah dan Desa untuk dapat melaksanakan tugas sesuai fungsi jabatan yang diemban, hindari perbuatan yang melanggar hukum.

"Kepala perangkat daerah di desa jangan pernah takut untuk mengambil kebijakan sesuai dengan aturan dan peraturan pemerintah," katanya.

Bupati Pelalawan H.M. Harris juga bercerita pengalaman beliau sebagai Ketua ADKASI DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia Periode 2005 s.d 2010, serta keselarasan capaian target nasional menuju Indonesia emas 2045 nawacita presiden jokowi dengan Pemerintah Daerah yakni Inovasi Menuju Pelalawan Emas.

Ketua DPRD Pelalawan Nasarudin, SH.MH disela memberi kata sambutan, mengabsen satu persatu camat yang juga turut hadir sebagai peserta acara.

Nasarudin menyampaikan lembaga legislatif akan menjalankan fungsi pengawasannya dilapangan seperti apa pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan hingga di Desa, bahkan beliau menambahkan komitmen dari Bupati H.M. Harris akan melanjutkan dana desa dari provinsi, sehingga pemerintahan desa berjalan dengan semestinya.

Sementara itu ketua APDESI Provinsi Riau Sutejo, M.Pd mengatakan fungsi APDESI adalah sebagai mediasi atau advokasi, komunikasi, dan mitra dari Pemerintah Daerah didalam mensosialisasikan program pemerintah daerah hingga sampai kedesa diperlukannya wadah komunikasi penjembatani perangkat desa. (Jyp)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index