Sungai Siak, sungai terdalam yang tak lagi dalam

Sungai Siak, sungai terdalam yang tak lagi dalam
sungai siak (int)

Riauaktual.com - Pengamat Lingkungan, Tengku Ariful menilai bahwa kondisi Sungai Siak saat ini sudah sangat memprihatinkan. Menurutnya, sungai dengan panjang 300 Kilometer ini, tingkat kedalaman nya terus berkurang dan terancam terjadi pendangkalan dalam skala besar.

"Faktor imbas lingkungan ini ada beberapa sebab, mulai dari fenomena alam, aktivitas yang tidak pro lingkungan, sampai limbah yang tidak terkontrol dan terjadilah proses pengeringan," ungkap Ariful, kepada wartawan, Selasa (9/5/17).

Dia khawatir, kondisi sungai siak akan mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, jika tidak dilakukan langkah penanganan beberapa tahun ke depan, Sungai Siak yang pernah dikenal sebagai sungai terdalam dipastikan hanya tinggal kenangan.

"Saya terus mengamati dan melakukan penelitian untuk Sungai Siak. Memang angka pendangkalan yang terjadi sangat luar biasa. Sungai Siak yang terkenal sebagai sungai terdalam di Indonesia kini tak lagi dalam," ujarnya.

Menurutnya, kondisi memprihatinkan yang terjadi di Sungai Siak itu, sudah terjadi sejak tahun 1996. Rata-rata katanya, tiap tahun sungai Siak mengalami penurunan kedalaman hingga 70 cm.

"Pendangkalan ini terjadi hampir 10 tahun. Artinya ada penurunan sedalam 7 meter. Seperti di Kuala Gasib, dulu tahun 90-an kedalamannya masih 22 meter, sekarang tinggal 15 meter saja," tandasnya. (bir)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index