Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih di Pekanbaru Mencapai Rp 42 Ribu Perkilo

Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih di Pekanbaru Mencapai Rp 42 Ribu Perkilo
Ilustrasi bawang putih

Riauaktual.com - Dua pekan menjelang masuknya bulan suci Ramadan, sejumlah komoditi di kota Pekanbaru mulai merangkak naik harga. Salah satunya adanya adalah jenis bawang putih.

Biasanya bawang putih dijual pedagang dipasar hanya sekitar Rp32 hingga Rp35 ribu per kilogramnya, kini menjadi Rp42 ribu per kilogramnya.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman, ketika dihubungi, Selasa (9/5), melalui telepon seluler mengatakan bahwa kenaikan harga bawang putih tersebut disebabkan panen para petani yang tidak merata.

"Adanya panen petani yang tidak merata. Sehingga stok bawang putih menjadi terbatas dan menyebabkan harga naik sampai Rp42 ribu perkilo gram," ujar Irba.

Menurut Irba, kenaikan harga bawang putih ini sudah mencapai ambang batas toleransi.

"Untuk itulah siang ini kita akan minta Pemerintah Provinsi untuk mengambil langkah membuka kran impor bawang putih. Karena ini sudah diatas batas toleransi," ungkapnya.

Irba juga mengimbau kepada pedagang untuk tidak memanfaatkan momen jelang Ramadan ini untuk menaikkan harga berbagai kebutuhan pokok.

"Pedagang juga jangan ikut-ikutan menaikkan harga sembako maupun melakukan penimbunan menjelang masuknya bulan suci ramadhan ini. Apalagi pihak kepolisian kini sudah membentuk tim untuk mengawasi para pedagang maupun distributor yang kerap bermain dihari besar keagamaan," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index